no comments

4 Tipe Perilaku Pengguna Jejaring Sosial Facebook

Adhikarta.net – Untuk diketahui, setiap bulannya ada sekitar 2 miliar orang didunia yang mengakses Facebook. Dan rata-rata penggunanya menghabiskan waktu 35 menit setiap harinya.

Dari sekian banyaknya pengguna facebook tersebut terbagi menjadi beberapa karakteristik penggunanya. Hasil ini diperoleh berdasarkan studi yang dilakukan pelaku riset di Birgham Young University yang mengkompilasikan 48 alasan paling berpotensi mengapa orang-0rang ini terus menggunakan Facebook.

Setiap orang yang disurvei diberi pertanyaan mengapa mereka ingin menggunakan Facebook. Masing-masing juga ditanyai terkait mengapa Facebook menjadi media sosial paling berpengaruh bagi mereka.

Nah setelah dirangkum, para pelaku surey menyimpulkan ada 4 tipe perilaku pengguna jejaring sosial facebook. Ke empat perilaku tersebut yakni Relationship Builder, Town Criers, Selfie, dan window Shopper. Bagaimanakah penjelasannya, simak berikut ini.

1. Relationship Builder

Tipe penggun facebook seperti ini yakni lebih mengutamakan Facebook sebagai wadah utama untuk menghubungkan mereka dengan teman, keluarga, atau orang-orang terdekatnya. Mereka menggunakan facebook sebagai alat untuk berkomunikasi kepada orang-orang, mereka ingin hubungan dengan sesama terus terjalin, nah salah satu instrumennya yakni Facebook.

2. Town Criers

Town Criers yakni tipe pengguna Facebook yang lebih suka berbagi informasi mengenai hal apa yang tengah terjadi. Seperti selalu suka berbagi informasi baru, re-post berita terkini, mengumumkan acara yang tengah berlangsung, dan tipe ini tidak suka berbagi mengenai informasi pribadi.

3. Selfies

Tipe pengguna Facebook yang satu ini merupakan pengguna yang sering menggunggah foto selfienya di facebook. Pengguna dengan tipe seperti ini lebih fokus untuk mendapatkan perhatian seperti like maupun komen. Dan mereka punya minset seperti ini, “Semakin sering saya dapat notofikasi, berarti saya lebih diterima dilingkungan pertemanan facebook saya,”.

4. Windows Shoppers

Tipe pengguna facebook seperti ini adalah mereka yang jarang mengunggah postingan maupun update. Tipe ini cenderung lebih suka melihat aktivitas orang di facebook, yaps bisa dibilang silent reader 😀 . Tapi, mereka ini lebih memahami apa yang sedang berlangsung, dan lebih peka terhadap isu-isu.

Itulah tadi 4 tipe perilaku pengguna jejaring sosial Facebook. Jadi kamu termasuk yang mana nih? Share ke temanmu biar tahu 😀

Reply

%d blogger menyukai ini: