no comments

7 Motor Adventure Di Indonesia

Adhikarta.net – 7 Motor adventure di Indonesia. Saat ini di tanah air untuk kendaraan roda dua masih di dominasi oleh motor matik. Hal tersebut berdasarkan data dari Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), yang mana penualannya mencapai 50 persen.

Ada banyak jenis sepeda motor di Indonesia seperti adventure, tourin, sport, dan lain sebagainya. Nah pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang jenis motor adventure. Lantas apa saja motor adventure yang ada di Indonesia? Santai dulu nanti kita bahas.

Sebelumnya mari kita bahas dahulu tentang pengertian dari motor adventure. Yakni merupakan motor kelas dual sport atau biasa di sebut dengan motor yang memiliki desain untuk keperluan on road atau off road. On road yakni dimana motor bisa untuk melaju atau cocok dengan jalanan aspal, sedangkan off road yakni kebalikannya yaitu cocok juga untuk melaju di jalan tanah. Bisa di sebut juga motor adventure merupakan pengembangan atau upgrade dari motor trail.

Ciri khas dari motor petualang ini yakni biasanya memiliki bentuk yang ramping serta memiliki kapasitas mesin 500 cc ke atas. Kemudian memiliki suspensi depan yang panjang, ground clereance yang tinggi, tipe velg yang digunakan biasanya model jari-jari, knalpot yang tinggi, serta memiliki tangki bahan bakar yang besar.

Untuk harga yang di banderol untuk motor petualang ini biasanya cukup tinggi, yakni mencapai ratusan juta rupiah. Tapi ada juga yang di bawah seratus juta, seperti Kawasaki Versys X-250 yang di banderol dengan harga mulai Rp61 juta. Nah berikut ini beberapa motor adventure di Indonesia.

Triumph Tiger 800 XR

7 Motor Adventure Di Indonesia

Triumph Tiger 800 XR. Foto: highwayboy

Motor petualang ini memiliki desain yang gagah dan bisa membuat penggunanya menjadi tambah ganteng 😀 . Dengan mesin tiga silindernya anda bisa merasakan performa yang begitu mantap sehingga tetap ngacir di bawa ke medan perang yang cukup menantang. Diketaui motor ini memiliki kapasitas mesin 1215 cc dengan didukung teknologi canggih masa kini. Kemudian untuk harga dari Triumph Tiger 800 XR yakni sekitar Rp500 jutaan ke atas. Motor adventure di Indonesia selanjutnya yakni Ducati Hyperstrada 939.

Ducati Hyperstrada 939

7 Motor Adventure Di Indonesia  7 Motor Adventure Di Indonesia

Ducati hyperstrada 939. foto: ducati_ina

Ducati hyperstrada 939 merupakan motor petualang dengan dilengkapi mesin twin silinder testastrela 11 dan dengan kapasitas mesin 937 cc, dan mampu menyemburkan 113 tanaga kuda. Motor ini juga sudah menggunakan sistem pengereman ABS yang memudahkan pengendara di jalanan yang cukup licin. Serta memiliki delapan traction control dan tiga mode riding. Kemudian untuk harganya yakni berkisar Rp519 juta OTR Jakarta.

BMW F 800 GS

7 Motor Adventure Di Indonesia  7 Motor Adventure Di Indonesia  7 Motor Adventure Di Indonesia

BMW F 800 GS. foto: lieu_ouija

Motor adventure ini memiliki desain yang sangat dinamis serta memiliki gaya sang penakluk jalanan. Dengan desain seperti itu menjadikan motor petualang ini menjadi salah satu favorit penggila motor adventure. Selain itu juga memiliki desain yang sporti dan dinamis, moge ini juga mempunyai banyak pilihan warna yang sesuai dengan selera anda. Motor ini memiliki kapasitas mesin 798 cc, kemudian untuk harganya yakni sekitar Rp561 juta.

Suzuki V-strom 250

7 Motor Adventure Di Indonesia  7 Motor Adventure Di Indonesia  7 Motor Adventure Di Indonesia  7 Motor Adventure Di Indonesia

Suzuki V-strom 250. foto: raul_autotoday

Motor ini mengandalkan mesin SOHC 4 langkah, berpendingin cairan serta memiliki kapasitas mesin 248 cc. Di klaim mampu mengeluarkan tenaga 24,5 Dk pada 8.000 rpm serta torsi maksimum 23,4 Nm pada 6.500 rpm. Nah untuk harganya saya belum tau persis, yang jelas harganya bakal tetap bersaing dengan pabrikan lain di kelasnya. Sedangkan untuk harga Suzuki V-strom 650 yakni sekitar Rp209 jutaan.

Honda CB500X

7 Motor Adventure Di Indonesia  7 Motor Adventure Di Indonesia  7 Motor Adventure Di Indonesia  7 Motor Adventure Di Indonesia  7 Motor Adventure Di Indonesia

Honda CB500X. foto: max_naphat

Seperti motor petualang pada umumnya , CB500X memiliki desain yang cukup besar dan sangat cocok bagi anda yang suka berpetualang. Dengan dibekali sistem pengereman ABS memudahkan pengendara melakukan pengereman di jalanan yang licin. Motor yang memiliki kapasitas mesin 471 cc ini mampu memuntahkan tenaga 35 Kw pada 8.500 rpm serta torsi maksimum 43 Nm pada 7.000 rpm. Kemudian untuk harga dari CB500X ini di banderol sekitar Rp135 juta OTR Jakarta.

Yamaha MT-09 Tracer

7 Motor Adventure Di Indonesia  7 Motor Adventure Di Indonesia  7 Motor Adventure Di Indonesia  7 Motor Adventure Di Indonesia  7 Motor Adventure Di Indonesia  7 Motor Adventure Di Indonesia

Yamaha MT-09 Tracer. foto: panavto.yamaha.krd

Motor adventure ini memiliki akselerasi serta handling yang mudah untuk di kendalikan. Kemudian untuk dapur pacu dari motor petualang ini de bekali dengan mesin yang memiliki kapasitas 847 cc, tiga silinder, berpendingin cairan, 4 stroke DOHC, serta mampu menghasilkan tenaga 84,6 Kw di 10.000 rpm dan torsi maksimum 87,5 Nm di 8.500 rpm. MT-09 hadir dengan tiga pilihan warna yakni lava red, mistral grey, serta race blue. Dan untuk harganya yakni berkisar Rp325 uta OTR Jakarta.

Kawasaki Versys X-250

7 Motor Adventure Di Indonesia  7 Motor Adventure Di Indonesia  7 Motor Adventure Di Indonesia  7 Motor Adventure Di Indonesia  7 Motor Adventure Di Indonesia  7 Motor Adventure Di Indonesia  7 Motor Adventure Di Indonesia

Versys X-250 tourer dan standar. foto: tenaga_kuda

Dilihat dari tampilannya, motor ini mempunyai desain yang terkesan minimalis. Versys sendiri memiliki dua varian yakni tipe standar dan tourer. Perbedaannya yakni pada asesorisnya, dimana tipe standar tidak dibekali dengan variasi sedangkan tipe tourer mendapat berbagai asesoris. Kemudian untuk harga dari Versys x-250 standar yakni Rp61,9 juta, sedangkan versys x-250 tourer di banderol dengan harga Rp72,1 juta. Harga yang cukup terjangkau untuk jenis motor adventure.

Untuk spesifikasi dan harga lengkap dari Kawasaki Versys X-250 bisa buka di halaman ini: KMI Rilis Motor Petualang Versys X-250, Berikut Spesifikasi dan Harganya

Nah itulah tadi beberapa motor adventure di Indonesia. Dari semua motor yang dijelaskan di atas pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Maaf apabila tidak bisa menjelaskan spesifikasi secara lengkap, karena pasti akan menjadi pembahasan yang panang kali lebar 😀 . Jadi manakah motor petualang yang menjadi favorit anda.

Reply

%d blogger menyukai ini: