Aku Bangga Jadi Warga Kulon Progo Binangun

Adhikarta.net – Bersyukur sanget, itulah mungkin kata-kata pertama yang saya ungkapkan atas rasa syukur ini karena terlahir sebagai warga Kulon Progo Binangun. Kenapa begitu, mari kita kenal lebih dekat dengan Kabupaten paling barat dari Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) ini.

Nah, Kulon Progo adalah kabupaten yang berada di Provinsi DIY dengan Wates sebagai ibu kotanya. Ya memang, Daerah yang dulunya merupakan wilayah Kesultanan Ngayogyakarta ini tidak setenar kota-kota besar lainnya semacam Jakarta, Bandung, serta Surabaya. Tapi disini, di Kulon Progo, budaya masih sangat kental, tepo sliro taseh wonten. kurang luweh ngoten niku lur 🙂

Selain itu, Pemimpin kabupaten Kulon Progo juga tidak setenar jika dibandingkan walikota di daerah lain seperti Ibu Risma (Surabaya), atau Kang Emil (Bandung). Adalah Hasto Wardoyo bupati Kulon Progo saat ini, ditangan beliau, masyarakat menilai beliau berhasil mengangkat perekonomian Kulon Progo dengan inovasi yang brilian.

Aku Bangga Jadi Warga Kulon Progo Binangun

Dr. Hasto Wardoyo, SP. OG, Foto: @dokterhasto

Emang apa saja yang telah Hasto Wardoyo lakukan untuk Kulon Progo? Hem… pertanyaan bagus. Nah, Bapak kelahiran 26 Maret 1964 ini telah melakukan berbagai gagasan seperti program Bela & Beli Kulon Progo yang bertujuan untuk mengentaskan perekonomian Kulon Progo.

Kemudian, beliau juga mewajibkan pelajar dan PNS untuk menggunakan seragam dengan corak Batik Geblek Renteng pada hari tertentu. Batik Geblek Renteng merupakan batik khas Kulon Progo, keren bukan?. Walaupun saya bukan PNS dan sudah lulus sekolah, saya juga punya loh Batik ini, kalian pasti juga punya.

Menurut informasi, dengan jumlah pelajar sekitar 80 ribu serta PNS 8 ribu. Adanya kebijakan mengenakan Batik Geblek Renteng pada hari tertentu ini, mampu mendongkrak industri batik lokal dan sentra batik menjadi tumbuh sangat pesat. Luar biasa bukan?

Program Pak Hasto yang luar biasa lainnya yakni, setiap PNS wajib membeli beras produksi petani Kulon Progo sebanyak 10 kg setiap bulannya. Selain itu, beras raskin yang dikelola bulog setempat saat ini menggunakan beras asli produksi petani di Kulon Progo.

Selanjutnya, perusahan ritel modern seperti yang mudah anda temui di mana-mana yang indentik dengan warna merah kuning itu lohh, harus bersedia bermitra dengan koperasi, kalau tidak mau, tidak akan diberi ijin membuka usaha di wilayah Kulon Progo. Dan wajib menampung produk UKM didalam gerai tersebut serta memperkerjakan karyawan dari anggota koperasi.

Nah buat anda yang belum pernah ke Kulon Progo, disini anda tidak akan menjumpai papan reklame iklan rokok. Sebab, Kabupaten paling barat DIY ini menolak sponsor dari perusahaan rokok. Seperti yang kita tahu, Bupati Kulon Progo yang juga seorang Dokter ini benar-benar membela hak kesehatan masyarakat.

seperti dikutip dari lama detik.com, program Bela & Beli Kulon Progo ini merupakan salah satu berbagai keberhasilan yang diraih. Yang mana mampu menurunkan tingkat inflasi, roda ekonomi terus bergerak, sehingga kesejahteraan rakyat mulai terasa hasilnya.

Jika anda yang membaca artikel ini lalu terbesit dalam hati anda “Walah malah kampanye” Mboten lur, lagian pemilihan kan wes rampung kan, ini memang fakta apa yang terjadi di Kulon Progo, selama ini yang saya perhatikan dan rasakan. Walaupun saya orang perantauan yang saat ini berada di Jakarta, yang mudik kala libur panang tok, tapi orang tua (Mamakku) ngendiko ngeh emang faktane ngoten niku e.

Aku Bangga Jadi Warga Kulon Progo Binangun  Aku Bangga Jadi Warga Kulon Progo Binangun

Bukit Pethu, foto: @arwiba

Oke lanjut, Selain itu, Kulon Progo juga mempunyai destinasi wisata alam yang luar biasa. Jujur, saya sendiri bisa dibilang kurang piknik karena aku cah kerjo hahaha 😀 tapi atiku ora lungset kok santai wae, Lohh…! malah curhat, jare ngomonke wisata e malah ndodro.

Berhubung saya ini kurang piknik, tentang wisata di Kulon Progo, pembahasan di next artikel saja ngih. Matur suwun sampun kober moco tulisan kulo lur, kathah kalepatan ngih kulo nyuwun agungin pangapunten. Salam Binangun lur, Salam Hemat Konsumsi Bahan Bakar.

Nb. Monggo komen dibawah, hal apa saja yang membuatmu senang berada dan terlahir di Kulon Progo.

4 Comments

  1. Akiim ritonga

Reply

%d blogger menyukai ini: