Advertisements
no comments

Ini Alasan Kawasaki Tidak Kembali Ke MotoGP

Adhikarta.net – Beberapa minggu lagi pagelaran balap paling bergengsi akan segera dimualai. Dimana acara pembukaan tersebut bakal diselenggarakan disirkuit Losail, Qatar. Nah yang jadi pertanyaanku adalah, kenapa Kawasaki tidak ikut balapan MotoGP? Nah yuk mari kita bahas.

Perlu kita ketahui bahwa sebelumnya kawasaki pernah mengikuti ajang balap MotoGP yakni sejak musim 2002 sampai 2008. Dan selama itu, Kawasaki sangat kesulitan untuk mencapai papan atas klasemen. Kemudian, selama itu pula Kawasaki baru tiga kali merasakan naik podium.

Nah, awal tahun 2016 kemarin sempat terdengar kabar bahwa Pabrikan identik dengan warna hijau ini serius ingin kembali ke ajang balap MotoGP tersebut. Dan ternyata rencana tersebut entah bagaimana kelanjutannya.

Alasan utama dari pabrikan asal Jepang ini adalah pada krisis finansial, sehingga membuat mereka menarik diri dari balap MotoGP. Mulai dari situ, Kawasaki lebih fokus pada ajang Superbike dan mereka sudah tiga kali berhasil menadi kampiun.

Baca Juga: Biaya perbaikan motor MotoGP yang crash

Jika Kawasaki saat ini ingin kembali balapan di MotoGP, itu bakalan sulit terealisasi. Sebab, dana yang merupakan alasan utama mereka. Untuk bisa bersaing langsung dengan Honda, Yamaha, maupun Ducati, itu membutuhkan biaya yang tidak sedikit serta membutuhkan persiapan yang cukup lama.

Selain itu, Kawasaki juga tidak bisa secara langsung kembali ke MotoGP sebagai tim pabrikan. Untuk bisa kembali, mereka harus bekerja sama dengan tim yang telah ada. Hal ini seperti yang dilakukan Gresini Racing yang saat ini kita kenal sebagai pabrikan Aprilia.

Jika kita perhatikan, sudah mapannya Kawasaki di ajang balap Superbike merupakan alasan cukup kuat untuk enggan kembali ke MotoGP. Ya daripada kembali ke MotoGP hanya sebagai tim medioker, lebih baik menjada tren positif di ajang bakal Superbike.

Hal tersebut seperti yang diungkapkan bos Kawasaki World Superbike yakni Ichiro Yoda. Menurutnya, Dorna harus mengubah filosofi serta peraturan yang terbuka dengan mengijinkan seluruh manufaktur bebas bereksperimen. Dengan begitu mungkin Kawasaki akan kembali ke MotoGP.

Advertisements

Reply

%d blogger menyukai ini: