no comments

Apa Itu Fitur Keamanan Electronic Brake Distribution? Ini Penjelasannya

Adhikarta.netElectronic Brake Distribution. Saat ini calon konsumen kendaraan selain melihat merek, model ataupun harga, juga memperhatikan berbagai fitur keamanan yang ada pada kendaraan pilihannya.

Pembahasan kali ini yakni mengenai fitur keselamatan pada mobil. Salah satu fitur keselamatan yang kerap kali didengungkan oleh Agen Pemenang Merek (APM) yaitu fitur Electronic Braking Distribution (EBD).  Nah biasanya adanya fitur keselamatan ini disandingkan dengan sistem pengereman Anti-lock Braking System (ABS), ya walaupun tidak semua ABS selalu ada EBD.

Sebenarnya apa itu fitur keamanan electronic brake distribution dan apa fungsinya? Nah, Dadi Hendradi selaku GM Technical Service Toyota Astra Motor (TAM) seperti dikutip dari Kompas menjelaskan, EBD mempunyai fungsi mengatur tekanan minyak rem pada tiap roda, ini tergantung dari grip roda terhadap jalan. Hal ini berguna pada saat kendaraan berada dijalanan berbelok-belok ataupun di kondisi jalanan yang tidak rata.

Lanjut lagi, Fitur EBD ini hanya terdapat pada mobil yang sudah dibekali dengan tipe pengereman ABS. Soalnya, EBD sendiri menggunakan komponen fisik yang sama dengan ABS. Perlu diingat, tidak semua mobil ABS terdapat fitur Electronic Brake Distribution (EBD).

Nampaknya adanya fitur keselamatan seperti ini sangat cocok diaplikasikan pada kendaraan di Tanah Air. Seperti yang kita ketahui bahwa di Indonesia mempunyai banyak jalan yang berkelok-kelok, terlebih pada jalur lintas antar kota antar provinsi.

Yang pasti dengan ditambahkannya fitur keselamatan tersebut pada kendaraan harga juga ikut naik. Setiap penambahan fitur pasti berpengaruh terhadap nilai jual mobil, sebab hal ini membutuhkan biaya pengembangan serta uji fitur pada setiap model mobil.

Last, meskipun fitur keselamatan EBD tersebut menggunakan komponen ABS, akan tetapi tidak semua komponen ABS bisa diaplikasikan pada EBD tersebut.

Cara kerja fitur EBD

Reply

%d blogger menyukai ini: