Advertisements
no comments

Apa Itu Teknologi Turbocharger?

Adhikarta.net – Mengenal lebih dekat dengan teknologi turbocharger. Apabila ingin membuat mesin mobil menghasilkan tenaga serta torsi yang lebih mumpuni yakni dengan cara memasang turbocharger. Dengan mengaplikasikan teknologi ini mampu membuat emisi lebih rendah.

Sedikit membahas mengenai sejarah Turbocharger, teknologi ini ditemukan oleh insiyur yang berasalh dari Swiss yakni Alfred Buichi pada awal abad ke 20. Dan hingga kini penggunaannya semakin banyak.

Lantas apa pengertian teknologi turbocharger itu? Nah seperti yang dikutip dari laman autotrade, turbocharger merupakan perangkat tambahan yang digunakan untuk mendaur ulang gas buang yang berguna untuk meningkatkan tenaga mesin.

Lantas bagaimana cara kerja teknologi turbocharger? Teknologi ini terdiri dari tiga bagian utama yakni roda turbin, roda kompresor, dan rumah as. Cara kerjanya, roda turbin mengalihkan gas buang yang harusnya mengalirkannya ke muffler. Has buang tersebut bakal memutar turbin yang terhubung ke poros kompresor. Selanjutnya, kompresor ini yang akan meningkatkan tekanan udara kemudian mengalirkan ke ruang bakar. Seperti itu kira-kira…

Sederhananya begini, turbocharger adalah alat yang berguna untuk memaksa udara masuk lebih banyak serta padat ke ruang bakar. Tenaga lebih kuat, emisi juga dapat di tekan.

Alex Pollack selaku President PT Honeywell Indonesia yang merupakan produsen turbocharger terbesar didunia seperti dikutip dari Liputan6.com menjelaskan, “Perbandingannya mesin 3 liter 6 silinder bertenaga 240Tk, setara dengan mesin 2 liter 4 silinder ditambah turbo. Tenaga sama besar, torsi naik 30%, lebih efisien 25% dan CO² turun 20%”.

Maka dari itu tak heran jika sekarang ini banyak pabrikan mobil yang sudah mengaplikasin teknologi ini pada produknya. Nah untuk bagaimana cara mengetahui mobil tersebut sudah menggunakan turbocharger atau belum, bisa dilihat dari data spesifikasinya. Apabila mobil bermesin diesel maka keterangannya menjadi turbodiesel.

Selain itu, mesin turbo tersebut juga bisa diaplikasikan layaknya perangkat aftermarket lainnya. Untuk harganya cukup beragam tergantung merek serta spesifikasi.

Kini teknologi turbo terus berkembang, kini ada yang disebut dengan teknologi turbo variabel yang merupakan pengembangan dari turbo fixed. Pada turbo baru ini, bilah turbin bisa berubah sesuai dengan putaran mesin, sehingga output bisa lebih besar.

Cara kerja Turbocharger

Oke, begitulah pembahasan mengenai teknologi turbocharger. semoga bermanfaat, tonton juga videonya.

 

Advertisements

Reply

%d blogger menyukai ini: