Apa Penyebab Knalpot Motor Keluar Asap Warna Putih?

Adhikarta.net – Penyebab knalpot sepeda motor keluar asap warna putih. Nah pada motor yang sudah berumur sering kali muncul berbagai masalah, seperti hal nya muncul asap berwarna putih pada knalpot. Asap putih tersebut terkadang tidak muncul di rpm rendah, dan lebih sering terlihat pada saat rpm tinggi.

Nah jika hal tersebut terjadi pada kendaraan anda, kemungkinan terjadi kerusakaan pada komponen mesin motor anda. Atau bisa di bilang adanya indikasi bahwa terjadi kerusakan pada seher, piston, dan klepnya.

Jadi begini, piston yang sering bergesekan di putaraan tinggi bisa membuat ringnya rusak sehingga mengakibatkan oli masuk ke ruang pembakaran. Oli yang masuk atau merembes tadi akan terbakar, dan membuat timbulanya asap putih yang keluar dari knalpot.

Selain asap putih, ada juga asap hitam masbro. Ini muncul karena terbakarnya timbunan kerak karbon pada ruang bakarnya atau pada saluran knalpot. Penyebab lainnya kenapa asap hitam bisa muncul yakni bahan bakar yang masuk kr ruang bakar terlalu banyak daripada udara.

Baca Juga: Cara Menjaga Kaca Helm Tetap Kinclong Di Musim Hujan

Pada motor tertentu misalnya Yamaha Scorpio, keluarnya asap putih karena ring sehernya belum mengembang. Jadi ketika mesin belum panas sehernya menciut dan oli bisa masuk dan ketika sudah panas akan tertutup kembali.

Kalau untuk Yamaha Byson, asap putih tersebut hanya keluar pada saat rpm tinggi. Kenapa? sebab pada motor Byson pada saluran knalpot ada ruang khusus yang berada di antara standar tengah. Berbeda dengan knalpot racing yang tidak ada ruang itu, jadi kemungkinan asap keluar di rpm rendah lebih tinggi.

Oke masbro segitu saja, jadi intinya penyebab knalpot motor keluar asap warna putih yakni adanya masalah di seher atau piston dan klepnya. Jika motor anda sudah begitu, segera bawa ke bengkel terpercaya anda supaya bisa ditangani oleh ahlinya. Dan tidak muncul kerusakan lainnya.

One Response

Reply

%d blogger menyukai ini: