no comments

Beberapa Faktor Yang Mempengaruhi Umur Aki Motor

Beberapa Faktor Yang Mempengaruhi Umur Aki Motor

Aki kendaraan

Adhikarta.net – Faktor yang mempengaruhi umur aki motor. Seperti yang kita ketahui bahwa aki memiliki dua jenis yakni aki kering dan aki basah. Keduan aki tersebut memiliki perbedaan pada isinya, kalau aki basah berisi cairan asam sulfat (H2SO4) sedangkan aki kering berisi gel. Pada kedua jenis tersebut memiliki kelebihan serta kekurangannya masing-masing, tapi bukan itu pembahasan kita saat ini.

Mungkin kita pernah mengalai suatu peristiwa dimana kita merasa aki motor kok cepat tekor. Nah mudah-mudahan artikel ini bisa membantu memecahkan masalah anda. Ada beberapa faktor yang berpengaruhi pada umur aki sepeda motor, apa sajakah? berikut penjelasannya.

Saat Pemasangan

Pada aki basah konsumen harus memperathatikan bagaimana cara memasukan air elektrolit yang baik dan benar, tujuannya agar tidak sampai tumpah dan isi cairan tidak sesuai standar. Jika hal ini tidak diperhatikan bisa berpengaruh ke umur aki motor.

Pahami Tentang Aki

Jadi maksudnya begini, anda harus benar-benar memahami jenis aki yang bagaimana yang sesuai dengan kendaraan anda. Ada juga beberapa pemilik kendaraan yang sembarang membeli aki dan semua diserahkan ke bengkel. Bisa jadi nantinya salah membeli baik itu tipe atau dayanya. Tapi sepertinya pihak bengkel sudah paham aki mana yang cocok dengan kendaraan anda. Supaya lebih meyakinkan, disarankan mengganti di bengkel resmi kan disitu dapat asuransi 😀 .

Kurangnya Perawatan

Jika aki motor anda kurang dilakukan perawatan bisa membuat umur aki menjadi pendek. Walaupun anda memiliki aki kering yang kita tahu memiliki daya tahan bagus, tidak ada salahnya melakukan pengecekan secara berkala misalnya tiga bulan sekali. Perawatan yang dilakukan misalnya dengan cara mengecek kondisi kiprok, kondisi kedua terminal, serta periksa apakah ada kebocoran pada aki.

Pemakaian Asesoris

Peraturan lalu lintas sekarang ini adalah kendaraan roda dua diwajibkan menyalakan lampu walaupun pada siang hari. Udah begitu para pemilik kendaraan ada yang menambah asesoris yang ikut mengkonsumsi listrik misalnya dengan memakai klakson fariasi, sound boster, serta carger handpone. Dengan begitu konsumsi listrik menjadi bertambah dan jelas berpengaru ke umur aki motor.

Oke, begitu saja penjelasan tentang beberapa faktor yang berpengaruh ke umur aki sepeda motor. Rawatlah kendaraan anda supaya tetap nyaman ketika digunakan, terimakasi 😀 .

Reply

%d blogger menyukai ini: