no comments

Wajib Tahu! Bensin Di Tangki Mobil Bisa Basi, Ini Penjelasannya

Adhikarta.netBensin di tangki mobil bisa basi…! Terkadang ada kasus dimana pemilik mobil hendak menyalakan mobil yang digunakan ternyata mesin susah menyala. Setelah di cek ternyata yang bermasalah bukan pada akinya.

Nah jika anda menemui masalah seperti itu, kemungkinan bensin yang telah lama berada di tangki telah basi atau bisa disebut kualitas oktannya menurun. Secara alamiah bensin itu bisa basi, hal ini disebabkan terlalu lamanya bensin mengendap dalam ruangan (Tangki) yang tidak tertutup dengan rapat.

Nah untuk diketahui, sebenarnya tangki bahan bakar kendaraan tidak dapat tertutup dengan rapat. Sebab diruangan tangki tersebut memerlukan sirkulasi udara yang bertuuan agar bensin turun lebih lancar.

Dan jika mobil lama tidak digunakan, molekul-molekul pada bensin akhirnya saling berdesakan kemudian mengendap, hal ini berlangsung kurang lebih selama tiga bulan dan akhirnya bensin menjadi basi.

Selain itu, Bensin yang berada didalam tangki dalam jangka waktu kurang lebih 30 hari kualitas oktan bakal turun sekian persen. Ini merupakan sifat alamiah bensin yang lama-lama bisa mengendap dan bensin berubah dalam jangka waktu 30 hari, oktan tersebut kualitasnya menurun dengan bertahap.

Terus apakah mobil yang selama tiga bulan tidak bisa dinyalakan? Jawabannya bisa. Ya meskipun meskipun mesin mobil bisa nyala, bakal muncul asap berwarna hitam dari knalpot. Hal ini karena kualitas oktan yang sudah menurun yang membuat pembakaran didalam mesin kurang maksimal. Tapi dibeberapa kasus ada juga mobil yang tidak bisa dinyalakan.

Nah maka dari itu, buat anda yang mempunyai mobil sebaiknya jangan di anggurin dalam jangka waktu yang lama. Lebih baik setiap akhir pekan digunakn untuk jalan-jalan bareng keluarga. Atau kalau engak, disewakan aja untuk jadi driver ojek online, toh malah dapat pemasukan hehehe 😀 , semoga bermanfaat brather.

Reply

%d blogger menyukai ini: