Advertisements
no comments

Biaya Pembuatan SIM C1, Dan C2, SIM Untuk Motor 250cc Keatas

Adhikarta.net – Berapa biaya pembuatan SIM C1 dan C2? Sempat santer terdengar kabar bahwa nantinya pemilik motor dengan kapasitas mesin 250cc ke atas bakal menggunakan SIM khusus. Yakni bukan lagi menggunakan SIM C biasa seperti pada umumnya. Dimana hal ini sesuai dengan dikeluarkannya peraturan baru yakni peraturan Nomor 60 tahun 2016.

Perbedaan penggunaan SIM berdasarkan kapasitas mesin motor tersebut saat ini sedang di persiapkan sarana dan prasarananya. Dan dikabarkan sudah bisa dilaksanakan pada pertengahan tahun ini. Yang punya big bike siap-siap bikin SIM lagi ya masbro hehehe….

Seperti yang di ungkapkan Kompes Pol Refdi Andri selaku Kepala Bidang Registrasi dan Identifikasi Korlantas Polri seperti di kutip dari lama Liputan6.com, “Saat ini belum dan rencananya bakal berlaku pada pertengahan tahun ini. Kemarin kami baru mengundang Ikatan Motor Indonesia (IMI) serta Ikatan Motor Besar Indonesia (IMBI) untuk menerima sejumlah masukan.

Baca Juga: Hadirnya E-Tilang Bisa Membuat Pengendara Arogan Susah Perpanjang SIM

Menurut Refdi, calon pemohon SIM C1 atau C2 bakal mendapatkan pelatihan dalam keselamatan berkendara. Kemudian untuk mekanisme pembuatan SIM secara umum sama masbroo… Tarifnya yakni sama saja dengan SIM C pada umumnya, Berarti tarif pembuatan SIM C, C1, dan C2, yaitu Rp100.000

Berikut ini kategori SIM berdasarkan kapasitas mesin motor

  1. SIM C : Di peruntukan bagi pengendara sepeda motor dan roda tiga dengan kapasitas mesin hingga 250 cc.
  2. SIM C1: Di peruntukan bagi pengendara sepeda motor dan roda tiga dengan kapasitas mesin 250 cc sampai 500 cc
  3. SIM C2: Di peruntukan bagi pengendara sepeda motor dan roda tiga dengan kapasitas mesin 500 cc ke atas.

Oke masbro begitulah tadi sedikit penjelasan mengenai berapa biaya pembuatan SIM C1 dan C2. Semoga memang benar segitu dan tidak ada praktik pungli yang merugikan calon pembuat SIM.

Advertisements

Reply

%d blogger menyukai ini: