no comments

Waw! BMW Motorrad Lahirkan Motor “Hybrid”

Adhikarta.net – Nampaknya BMW coba selangkah lebih maju soal teknologi sepeda motor, Pasalnya tidak lama lagi BMW Motorrad bakal menghadirkan R1200 GS xDrive Hybrid. Nah hal ini diklaim menjadi sepeda motor produksi massal pertama dengan all wheel drive bermesin hibrida…

Apa sih pengertian dari Hybrid atau hibrida pada kendaraan? yakni kendaraan yang menggunakan dua jenis teknologi sebagai sumber tenaganya. Hal ini biasanya mengacu pada sebuah kendaraan yang mempunyai mesin bensin konvensional dan baterai sebagai sumber tenaganya. Nah salah satu sumber tenaga ini bisa jadi sumber daya utama kemudian yang lainnya sebagai cadangan. Atau kendaraan mungkin menggunakan satu sumber dalam situasi tertentu kemudian menggunakan tenaga yang lain ketika berada di situasi yang berbeda.

Kembali ke pembahasan mengenai motor BMW lahirkan motor hybrid. Ya walaupun mempunyai teknologi terbaru, R1200 GS xDrive Hybrid masih menggunakan basis GS lawan yang legendaris. Sesuai ruhnya yakni GS, dianggap bisa mengakomodasi kebutuhan bikers dengan kemampuan daya tahan, berpetualang di medan off road, serta semua jenis petualangan.

Dibekali mesin dengan liquid cooled flat twin mampu menghasilkan tenaga 125 Tk di putaran 7.750 rpm dan torsi 125 nm diputaran 6.500 rpm, yang disalurkan ke roda belakang.

Kemudian penggerak hibrida dengan output system keseluruhan 125 Kw (170hp), mampu memberikan perfoma yang baik pada semua kondisi ketika berkendara.

Selain itu, sistem all wheel drive pada roda depan R1200 GS xDrive Hybrid memastikan traksi yang lebih baik pada kondisi jalan yang licin, pasir yang dalam, ataupun jalanan berlumpur. Teknologi ini menggunakan sistem yang dikembangkan oleh BMW Automobiles.

Nah penggerak all wheel drive ini nantinya bis dioperasikan secara otomatis ataupun manual melalui saklar 2 WD (Two wheel drive) yang berada pada stang bagian kiti. Saklar tersebut bakal mengaktivkan wheel hub e-drive system yang mempunyai fungsi sebagai motor listrik serta generator.

Sekedar informasi, dari siaran resmi pihak BMW Motorrad, model terbaru dengan teknologi canggih ini bakal tersedia pertengahan tahun 2017 ini. So… ditunggu saja kabar selanjutnya masbro, Salam satu aspal brather.

Reply

%d blogger menyukai ini: