no comments

Cara Kerja Keyless Ignition System Pada Suzuki GSX-R150

Adhikarta.net – Cara kerja Keyless Ignition System pada Suzuki GSX-R150. Pada ajang Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2016, untuk pertama kali suzuki memperkenalkan motor sport full fairing 150 cc miliknya. Motor sport tersebut adalah Suzuki GSX-R150, dan motor ini sudah dilengkapi dengan fitur Keyless Ignition System.

Ini cukup menarik, sebab fitur Keyless Ignition System ini merupakan fitur yang pertama kali di terapkan pada motor sport 150 cc yang di aplikasikan ke Suzuki GSX-R150. Fitur tersebut menggunakan remot, dan jika ingin menyalakan mesin cukup di dekatkan ke motor.

Nah jika anda ingin mengoperasikan motor, anda cukup mendekatkan remot ke motor. Motor baru bisa nyala ketika jarak remot dengan motor sekitar 1 meter. Dan jika remot jaraknya lebih dari 1 meter, Keyless ignition system otomatis akan mengunci.

Tapi kalau untuk answer back system bisa dioperasikan dari radius 20 meter. Nah jadi dengan sistem tersebut, anda bisa mematikan motor dari jarak 20 meter.

Lanjut lagi, jika anda menekan main switch knob dan kemudian lampu indikator keyless menyala, tapi knob tidak pada posisi on selama empat detik maka lampu hazard bakal menyala sekali dan main switch knop akan kembali terkunci.

Jika main switch knob diputar ke posisi off kemudian sistem gagal melakukan identifikasi karena remot hilang atau rusak, maka indikator keyless akan berkedip maksilam selam 30 detik. Nah selama 30 detik tersebut main switch knob masih bisa di operasikan dengan menekan knob kemudian diputar ke posisi on.

Apabila anda ingin mengunci stang, anda cukup mengatur knob ke posisi lock. Knob juga memiliki fungsi untuk membuka tanki bahan bakar serta jok pembonceng. Bagaimana caranya? Putar knob ke posisi ACC, maka knob bisa dicabut untuk bisa digunakan sebagai kunci pembuka tanki serta jok.

Untuk menunjang keamanan knob ini tidak bisa diputar secara paksa. Ya misalnya ingin dicuri kemudian knob diputar paksa, maka main switsch knob bakal berputar kosong atau ngelos.

Pada tiap keyless remot memiliki nomor ID, dengan ID tersebut memungkinkan pemilik kendaraan tetap bisa mengakses main switch knob walaupun remot rusak ataupun mengalami gangguan teknis. Nah jadi buat anda pemilik motor tersebut, sangat disarankan untuk mencatat dan menyimpan nomor ID tersebut ke tempat yang aman.

Untuk lebih tahu lebih jelas mengenai cara kerja fitur keyless ignition system pada Suzuki GSX-R150, silahkan tonton video berikut ini.

Nah itulah tadi penjelasan mengenai fiitur keyless ignition system fitur keamanan pada Suzuki GSX-R150.

Jika terjadi permasalahan pada remot pada GSX-R150

Setelah membahas mengenai cara kerja fitur keyless Ignition System, selanjutnya yakni jika terjadi permasalah-permasalahan pada remotnya misalnya hilang ataupun bahkan rusak. Berikut sedikit penjelasannya.

Ini perlu anda ketahui bahwa jika anda memboyong motor ini anda hanya mendapat satu buah kunci dan satu buah remot. Kan di atas tadi sudah saya jelaskan tiap remot mempunyai ID masing-masing dan ini rahasia pemilik motor, maka catat dan simpanlah di tempat yang aman.

Dengan menggunakan ID tersebut anda bisa membeli remot ke dealer Suzuki terdekat yang kemudian akan dimasukan ID tersebut ke system GSX-R150.

Lanjut lagi masbro, apabila remot anda hilang atau bahkan di curi langkah yang harus anda lakukan yakni menghapus ID Number dari system GSX-R150. Nah dalam hal ini anda harus menghubungi pihak Suzuki supaya dipandu bagaimana cara untuk menonaktivkannya. Sebab, dealer Suzuki akan memverifikasi dahulu pemilik GSX-R150.

Kemudian jika terjadi permasalahan pada remot baterainya habis itu bisa di ganti sendiri. Caranya cukup simpel, yakni dengan membuka tutup remot menggunakan obeng minus. Jika sudah terbuka tinggal di ganti saja, tipe baterainya yakni Button Battery CR2032.

 

Reply

%d blogger menyukai ini: