Cara mengatasi kick starter seret pada motor matik

Cara mengatasi kick starter seret pada motor matik

Kick starter yamaha mio smile

Adhikarta.net – Hallo mazbro, share artikel lagi nih 😀. Pembahasan kali yakni tentang bagaimana mengatasi kick starter yang seret pada motor matik. Nah, sekarang ini kebanyakan pemilik motor matik kurang begitu memperhatikan bagian ini. Ya kick stater memang jarang digunakan terlebih jika motor masih dalam keadaan prima.

Dengan kemajuan teknologi seperti sekarang ini, membuat pemilik kendaraan lebih memilih menggunakan stater untuk menyalakan mesin. Kan tinggal pencet mesin nyala, sangat mudah. 😀

Ya walaupun begitu, jangan lupakan juga untuk perawatan kick starter. Apabila piranti ini jarang digunakam atau jarang mendapat perawatan, lama-lama membuat kick starter menjadi macet dan keras ketika ingin di gunakan. Nah, terus bagaimana mengatasinya jika kick stater sudah terlanjut seret? Simak lagi mazbro 😊.

Sebelum membahas tentang cara mengatasinya, terlebih dahulu mari kita bahas penyebabnya dulu. Nah, macetnya kick stater bisa di sebabkan oleh kotoran seperti pasir ataupun debu yang menumpuk di bagian per stopper selah dan girnya. Hal tersebut yang membuat kick stater menjadi seret atau keras.

Jika sudah seperti itu jangan dipaksain buat di engkol. Jika di paksain dikawatirkan membuat per yang menempel pada kick stater mudah rusak atau bahkan bisa patah. Setelah percobaan di engkol hingga lima tetap macet, yaudah di stater biasa dulu kemudian di bawa jalam dulu aja. Tujuannya agar kick stater menjadi normal karena sudah terlumasi. Apabila setelah begitu tapi tetep sama saja, baru bongkar saka CVT.

Untuk mengatasi kick stater yang macet cukup simpel caranya dan bisa di lakukan sendiri di rumah. Begini mazbro, terlebih dahulu lepas bak filter yang ada di atas CVT kemudian dibersihkan menggunakan sabun. Tujuannya agar kotoran yang menempel menghilang. Kemudian bersihkan juga komponen starter shaft gigi serta bersihkan juga pegasnya sambil di olesi bensin menggunakan kuas secara pelan.

Last, jika semua udah bersih bisa diolesi dengan menggunakan gemuk agar tidak macet lagi. Tapi jangan terlalu banyak ya, soalnya gemuk bisa membuat kotoran cepat menempel lagi jadi ya secukupnya saja mazbro 😀. Yasudah begiti saja tips cara mengatasi kick stater motor matik yang seret dan keras, semoga bermanfaat.😊

11 Comments

Reply

%d blogger menyukai ini: