no comments

Cara Menjaga Kaca Helm Tetap Kinclong Di Musim Hujan

Cara Menjaga Kaca Helm Tetap Kinclong Di Musim Hujan

Merawat Helm

Adhikarta.net – Cara merawat kaca helm tetap kinclong di musim hujan. Helm merupakan perangkat keselamatan yang wajib di gunakan pengendara sepeda motor. Apabila ketika berkendara tidak menggunakan helm sangat berbahaya apabila terjadi kecelakaan, sebab tidak ada yang melindungi kepala. Yang paling sederhana yakni bisa saja di tilang oleh polisi.

Mengingat pentingnya helm bagi keselamatan maka penting juga untuk melakukan perawatan khususnya pada bagian visor atau kacanya. Saat musim hujan seperti ini juga sangat perlu untuk merawat kaca helm supaya ketika digunakan saat dibawa hujan-hujanan pandangan tidak terganggu. Nah berikut beberapa tips merawatnya

Bersihkan helm setelah dibawa hujan-hujanan

Setelah anda berkendara di waktu hujan sebaiknya helm sesegera mungkin dicuci dengan air bersih pada bagian kacanya. Bisa dengan cara menyemprotnya kemudian di lap dengan kain bersih atau kanebo. Tujuannya agar tidak ada kotoran yang menempel secara membandel serta tidak membuat kaca atau visor menjadi buram dan tidak timbul jamur yang bisa menganggu pandangan ketika digunakan.

Saat membersihkan jangan gunakan lap yang kasar

Ingat, ketika mengelap kaca jangan gunakan kain yang kasar atau kain yang berserat. Dikawatirkan jika menggunakan kain seperti ini membuat kaca helm tergores, apabila sudah seperti ini bakal sulit dihilangkan dan jalan satu-satunya dengan cara mengganti kaca. Kalau dipinggir jalan itu paling harganya Rp15.000 😀 . Nah jika al tersebut tak mau terjadi dengan helm anda lap lah helm menggunakan kain yang lembut atau pakai kanebo juga bisa.

Melapisi visor dengan anti embun

Dengan digunakannya lapisa ini bisa membantu meminimalisir timbulnya embun pada kaca ketika sedang dibawa berkendara pada saat hujan. Anti embun ini merupakan lapisan pada kaca yang tetap menjaga kaca tetap dalam kondisi jernih. Ketika berkendara saat hujan turun kita pasti menutup kaca helm supaya air tidak mengenai muka langsung, nah dengan lapisan ini maka pandangan kita tetap terjaga dan membantu melindungi kita dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Nah begitulah tadi tips bagaimana cara merawat dan menjaga helm tetap kinclong dan tidak mengganggu pandangan saat digunakan berkendara. Tips di atas akan tidak berguna sama sekali jika anda berkendara tidak berhati-hati, maka dari itu berkendaralah dengan hati-hati mengingat jalanan akan licin di musim hujan seperti ini.

Reply

%d blogger menyukai ini: