no comments

Punya Mobil Ber-AC, Begini Cara Merawat AC Mobil Supaya Tetap Awet dan Dingin

Adhikarta.net – Mari sama-sama belajar bagaimana cara merawat AC mobil supaya tetap dingin dan awet. Hal ini sangat penting dilakukan supaya ketika berkendara kita tetap nyaman dan tidak lagi kepanasan. Seperti yang kita tahu bahwa Air Conditioner (AC) merupakan salah satu komponen cukup vital pada mobil yang berpengaruh pada kenyamanan pengemudi ataupun penumpangnya.

Selain itu, AC juga mempunyai fungsi lain yakni pada saat kondisi luar sedang hujan dengan menyalakan AC kaca mobil tidak mudah berkabut. Maka dari itu sangatlah penting untuk mengetahui cara merawat AC ini agar fungsinya berjalan sebagaimana semestinya. Mari kita bahas…

Penyebab AC Mobil Bermasalah

Oke masbro, berikut ini ada beberapa penyebab kenapa AC mobil bermasalah dan kerap kali kita alami:

AC Mobil timbul bau tidak sedap

Bau tidak sedap yang memenuhi kabin ketika AC dinyalakan merupakan masalah yang kerap kali terjadi pada mobil yang mempunyai sistem pendingin ruangan. Ya meskipun kondisi dalam mobil terasa sejuk, tapi jika terdapat bau tidak sedap maka kenyamanan pengemudi dan penumpang tentu berkurang. Masalah bau tidak sedap ini bisa terjadi karena beberapa faktor diantaranya:

  1. Pemakaian pengharum ruangan yang asal-asalna, ini karena tidak semua pengharum ruangan terbuat dari bahan yang berkualitas. Pengharum yang kurang terpercaya bisa jadi terbuat dari bahan yang tidak berkualitas/ atau kualitas rendah. Dengan begitu bisa membuat evaporator kotor sehingga cara merawat AC mobil sedikit lebih sulit.
  2. Adanya kotoran dan debu di kabin mobil, hal ini bisa terjadi karena seringnya membuka jendela ketika berkendara. Selain itu, pengendara atau penumpang yang memakai sepatu/ sendal bisa saja meninggalkan kotoran atau debu didalam mobil. Nah, jika tidak sesegera mungkin dibersihkan, maka debu bisa masuk ke evaporator dan memberikan tempat tumbuhnya jamur yang nantinya menimbulkan bau tidak sedap pada kabin ketika AC dinyalakan.
  3. Kebiasaan pengemudi ataupun penumpang yang tidak baik, misalnya dengan merokok didalam mobil. Hal ini juga bisa membuat kabin mobil menimbulkan bau tidak sedap. Rokok kan mempunyai kandungan nikotin yang banyak, nikotin tersebut bisa menempel pada evaporator AC dan bisa membuat bagian ini jadi berlendir sehingga menimbulkan bau tidak sedap.

AC mobil tidak dingin lagi

Permasalahan ini kerap kali ditemui pada para pemilik mobil, apabila dibawa ke bengkel yang kurang terpercaya bisa jadi yang disebutkan karena kehabisan freon, sehingga dengan mengisi ulang masalah selesai. Padahal AC mobil yang tidak dingin tidak melulu soal freon. Sebab, freon tidak akan cepat habis dan akan habis dalam jangka waktu cukup lama. Kalaupun habis maka ini menandakan adanya kerusakan atau kebocoran pada AC tersebut. Maka dari itu sebelum melakukan pengisian freon sebaiknya periksa dulu apakah ada penyebab lainnya, faktor lain kenapa AC mobil tida dingin diantaranya:

  1. Adanya kebocoran pada selang atau pipa sistem pendingin ruangan mobil. Hal ini bisa saja terjadi karena faktor umur atau penggunaan part tidak ori.
  2. Penyebab AC mobil tidak dingin lainnya yakni rusaknya evaporator dan kondensor. Rusaknya evaporator dan kondensor ini bisa disebabkan karena faktor umur atau karena terkena kotoran dan tersumbat benda kecil.
  3. Rusaknya kompresor, hal ini biasanya ditandai dengan adanya suara dari bagian permesinan dimana kompresor ini berada. Maka dari itu cara merawat AC mobil harus benar-benar memperhatika ke seluruh komponennya supaya tetap awet.

Cara Merawat AC Mobil

Nah pembahasan selanjutnya yakni tips bagaimana cara merawat AC mobil supaya tetap awet dan bisa berfungsi sebagaimana semestinya:

  1. Jaga kebersihan kabin mobil, secara rutin lakukan bersih-bersih kabin mobil dari kotoran ataupun debu. Hal ini bisa dilakukan sehabis berkendara ketika membawa penumpang cukup banyak. Pada karpet bagian depan merupakan daerah yang rentan kotor, maka dari itu perlu perhatian khusu supaya tidak memicu adanya masalah pada AC mobil.
  2. Cara merawat AC mobil yang kedua yakni jangan terlalu sering membuka jendela ketika berkendara. Apalagi membuka jendela mobil disisi lain AC sedang menyala, jangan deh. Sebab, hal ini bisa membuat debut dan kotoran mudah masuk ke dalam kabin. Kemudian debu/ kotoran tersebut bisa masuk ke dalam AC, sehingga kinera AC menjadi tidak maksimal, selain itu bisa menimbulkan bau tidak sedap.
  3. Jangan merokok didalam mobil, apalagi AC mobil menyala. Seperti yang saya jelaskan diatas tadi, asa rokok yang mengandung nikotin tersebut bisa menempel/ mengotori evaporator dan menjadi berlendir dan akibatnya muculah bau yang tidak sedap.
  4. Jangan langsing menyalakan AC pada saat mobil dihidupkan. Pastikan AC mobil dalam keadaan mati dan baru boleh dinyalakan ketika mesin mobil kineranya sudah stabil.
  5. Pada saat anda mencuci mobil jangan lupa bersihkan komponen kondensor, karena timbulnya permasalahan pada AC mobil karena kondensor yang rusak atau kotor. Bersihkan kondensor dari kotoran dan debu sampai benar-benar bersih, sebab kotoran yang lama menempel bisa membuat kondensor bocor.
  6. Sebisa mungkin ketika parkir mobil pilihlah tempat yang sejuk, ini bertujuan agar kabin tidak panas sehingga nantinya kinerja AC tidak terlalu berat pada saat dinyalakan.
  7. Pasangah filter kabin yang memiliki fungsi sebagai penyaring debu dan kotoran yang masuk ke dalam mobil, supaya tidak terhirup AC yang nantinya bisa mengotori evaporator. Filter kabin tersebut juga harus diperiksa secara rutin pada saat mobil di service. Anda bisa meminta mekanik untuk menyemprot bagian ini supaya bersih, atau bisa ganti yang baru apabila tidak layak pakai lagi.
  8. Apabila sistem AC mobil yang digunakan dilengkapi dengan extra fan atau kipas kondensor, maka cara merawat AC mobil ini harus periksa putarannya secara teratur/ rutin.

Oke masbro, itulah beberapa tips atau cara merawat AC mobil supaya tetap awet dan dingin. Dengan melakukan perawat secara benar selain AC bisa betahan lama, bisa juga terhindar dari kerusakan yang cukup fatal. Nah apabila AC mobil sudah rusak sangat disarankan bawa ke bengkel tercepaya supaya bisa mendapat penanganan maksimal. Semoga bermanfaat, salam satu aspal brather semisena.

Reply

%d blogger menyukai ini: