no comments

Berikut Cara Merawat Wiper Mobil Supaya Awet dan Berfungsi Dengan Baik

Adhikarta.net – Tips sederhana cara merawat wiper mobil. Di musim hujan seperti sekarang ini berkendara perlu ekstra hati-hati. Nah untuk menunjang itu semua, komponen dan piranti pada kendaraan harus berfungsi dengan baik juga. Nah disini saya akan sedikit membahas salah satu bagian penting dari mobil yakni wiper.

Apa sih wiper itu? Nah wiper itu merupkan alat yang berfungsi untuk menyapu/ menyingkirkan air dari tempat atau benda tertentu. Nah pada mobil wiper ini biasanya terletak di bagian bawah kaca, dan fungsinya sangat vital ketika berkendara saat hujan lebat ataupun ringan. Mengingat pentingya fungsi wiper, pemilik mobil diharuskan tau cara merawat wiper mobil supaya awet dan berfungsi dengan semestinya.

Untuk melakukan perawatan wiper mobil ini, tidak harus mempunyai ketrampilan khusus ataupun mesti datang ke bengkel. Anda sendiri pun bisa melakukannya dirumah. Nah disini saya sudah merangkum beberapa tips jitu bagaimana cara merawat wiper mobil supaya awet.

Tips Jitu Merawat Wiper Mobil

Berikut ini beberapa tips untuk merawat wiper yang bisa anda prakterkan sendiri di rumah tanpa harus datang ke bengkel.

  1. Pertama-tama anda bisa periksa pada bagian karet wiper, periksa dengan teliti apakah karet masih bagus atau tidak. Apabila sudah getas sebaiknya di ganti saja. Apabila tidak diganti dikhawatirkan bisa merusak kaca mobil, misalnya lecet atau adanya goresan.
  2. Pada bagian sisi pinggiran karet lebih baik jangan di bersihkan, sebab pada bagian tersebut terdapat lapisan kimia yang berfungsi menjaga kelenturan karet. Anda bisa bersihkan ujung karet wiper menggunakan kain lembut/ kanebo.
  3. Cara merawat wiper mobil selanjutnya yakni dengan mengangkat wiper ketika mobil tidak digunakan. Dalam hal ini anda bisa dibantu dengan alat Stand wiper, alat ini berfungsi untuk mencegah kotoran melekat ke ujung wiper. Anda bisa membeli stand wiper di toko asesoris kendaran atau online shop.
  4. Periksa bagian poros engkol wiper, pada bagian ini anda bisa menyemprokan cairan khusus misalnya 4WD secara berkala. Ini bertujuan supaya wiper bisa bergerak dengan lancar ketika digunakan.
  5. Ketika anda membeli cairan pembersih wiper, jangan asal menggunakannya, baca dulu aturan pakainya supaya tidak teradi hal-hal yang diluar dugaan. Antisipasi saja masbro…
  6. Cara merawat wiper mobil yang terakhir yakni dengan mengatur arah semprotan ke arah bagian dimana wiper nantinya menyapu air. Apabila lubang semprotan macet, anda bisa menggunakan jarum guna melancarkan semprotan serta mengatur arah tembakan air wiper.

Untuk diketahui bahwa karet wiper mobil mempunyai umur pemakaian, berapa pastinya belum bisa dipastikan. Maka dari itu kita haru mengetahui ciri wiper yang bermasalah. Kemudian, jika wiper mobil mengalami kerusakan lebih disarankan dibawa ke bengkel supaya bisa berfungsi dengan baik. Semoga bermanfaat, salam satu aspal brather.

Reply

%d blogger menyukai ini: