no comments

WOW! Ditempat Ini Nama Gang Berlabel Merek Kendaraan

Adhikarta.net – Di Bandung terdapat permukiman warga yang cukup unik. Bagaimana tidak, sebab pada tiap gang-nya di beri nama dengan merek kendaraan. Adapun nama-namanya yakni Gang Mercedes, Gang Fiat, serta gang Opel.

Nah mungkin anda yang bukan warga bandung atau bahkan anda yang warga bandung, yang tidak sengaja menemui adanya nama gang seperti itu pasti merasa asing. Ada juga yang memberi nama gang dengan label merek kendaraan bermotor. Lantas darimana asal muasal nama-nama gang tersebut?

Gang-gang dengan nama merek kendaraan tersebut berada di Kelurahan Kacapiring, Kecamatan Batununggal, Kota Bandung, Jawa Barat. Dan tersebar di beberapa RT yang termasuk dalam wilayah RW 6. Nah selain tiga nama gang yang saya sebutkan di atas tadi, ada juga nama gang lainnya yaitu gang Holden, Impala, Morris, Daihatsu, Yamaha, Suzuki, dan Honda.

Baca juga: Yamaha Lakukan Penyegaran Pada MT-09 ABS, Sudah Dilengkapi QSS

Salah satu sesepuh di tempat tersebut Arum (75) yang sudah seak tahun 1965 tinggal di Gang Opel menjelaskan asal muasal nama-nama gang tersebut.

Arum menjelaskan bahwa dulunya (1965) tempat tersebut merupakan hamparan sawah dan juga banyak pohon pisang. Arum beserta suami sudah duluan tinggal di tempat tersebut, saat itu belum banyak rumah. Menurutnya, awal mulai nama-nama gang tersebut di berni nama merek mobil yakni pada tahun 1970’an.

Arum menambahkan, sebelum dilakukan pembangunan rumah-rumah serta pemberian nama gang area tanah RW 6 sudah berupa kavvling. Tata letak jarak antara rumah dan jalan sudah dipersiapkan matang-matang supaya memudahkan ketika pemberian nama gang.

Walupun begitu ia tidak begitu hafal mengenai detail asal usul nama gang dengan merek kendaraan. Ia mengetahui dulunya ada lima warga setempat yang mempelopori pemberian nama yang tersebut. Adapun lima orang warga tersebut antara lain Toha, Atim, dan Ata suami Arum.

“Dulu daerah ini ada beberapa bengkel, ada bengkel mobil dengan nama Marwa yang sekarang menjadi kantor DPRD kota Bandung. Kemudian bengkel kusus kendaraan militer, serta bengkel bus DAMRI yang sekarang jadi gedung PKK. Sepertinya dari obrolan warga serta orang bengkel itulah yang kemudian gang-gang disini diberi nama merek-merek mobil,”jelas Arum seperti yang di kutip dari Detik.com

Ada lagi Henhen (55) yang sudah tinggal di RT 5 RW 6 sejak tahun 1965. Ia menjelaskan bahwa pemberian nama gang dengan merek kendaraan sudah ada sejak tahun 1970, ketika itu ia masih kecil. Pada waktu itu sedang ramai kendaraan buatan Eropa dan juga buatan Jepang.

Sumber: http://oto.detik.com/mobil/3406258/sejak-kapan-gang-di-bandung-pakai-nama-aneka-merek-kendaraan

Reply

%d blogger menyukai ini: