no comments

Dorna Bentuk Peraturan Baru Terkait Pergantian Motor Di MotoGP

Dorna Bentuk Peraturan Baru Terkait Pergantian Motor Di MotoGP

Valentino Rossi at Pitstop

Adhikarta.net – Peraturan baru Dorna untuk musim 2017 terkait pergantian motor pada MotoGP. Pada saat melakukan balapan resiko terjadinya kecelakaan sangat mungkin terjadi. Bukan hanya di lintasan balap saja kecelakaan bisa terjadi, pada pit stop pun bisa juga terjadi. Contohnya pada Alvaro Bautista, pada waktu itu ia tidak sengaja menabrak salah satu mekaniknya ketika melakukan pergantian motor.

Kejadiannya yakni pada race MotoGP Argentina, seorang mekanik dari Aprilia Racing Team tengah menyiapkan untuk pergantian motor dari Bautista. Ketika bautista menuju ke garasi, ia berjalan dengan kecepatan yang lumayan tinggi kemudian kehilangan keseimbangan dan akhirnya menabrak mekaniknya. Akibatnya sang mekanik mengalami cidera pada lututnya. Ya cukup di sanyangkan hal seperti itu terjadi.

Kini musim 2016 sudah berakhir, Dorna yang bertindak sebagai penyelenggara MotoGP sepertinya masih memperhatikan kasus tersebut. Kemudian Dorna memberikan beberapa peraturan baru terkait pergantian motor di pit stop.

Berikut rancangan peraturannya seperti yang di kutip dari speedweek.

  • Ketika pembalap akan mengganti motor hanya boleh ada empat yang membantu pergantian tersebut.
  • Para mekanik di wajibkan menggunakan helm yang sudah di standarisasi
  • Pihak mekanik berhak untuk menahan kopling motor yang bakal di gunakan pembalap. Tapi untuk pergantian gigi harus dilakukan oleh pembalap itu sendiri. Jika ada pihak yang memanfaatkan hal tersebut maka pembalap bisa di diskualifikasi.

Last, nah itulah tadi beberapa rancangan pergantian motor MotoGp untuk musim 2017. Bagaimana tanggapanmu?

Reply

%d blogger menyukai ini: