Advertisements
no comments

Efek Sering Ganti Bahan Bakar Minyak Bagi Kendaraan

Efek Sering Ganti Bahan Bakar Minyak Bagi Kendaraan

Tempat pengisian BBM

Adhikarta.net – Beberapa pemilik kendaraan kadang memiliki kebiasaan kurang baik dengan kendaraannya. Ada yang sering mengganti jenis bahan bakar minyak untuk kendaraannya. Lantas dengan melakukan hal tersebut apakah aman saja? Mari kita bahas lagi apa efek samping mobil yang sering gonta ganti bahan bakar.

Sebelumnya, kita bahas dulu berbagai jenis bahan bakar dari nilai kadar oktan. Jelas ya setiap jenis BBM memiliki kadar oktan yang berbeda untuk kenis premium memiliki nilai oktan 88 dan memiliki warna kuning cerah. Kemudian untuk BBM jenis pertalite memiliki nilai oktan 90 dengan memiliki warna hijau terang. Selanjutnya untuk pertamax memiliki nilai oktan sebesar 92 dan memiliki warna biru kehijauan, serta pertamax plus nilai oktannya sebesar 95 dengan warna merah.

Dari beberapa jenis BBM tersebut berbeda saat pembakaran di dalam mesin kendaraan, sehingga hal tersebut bisa mempengaruhi umur dan yang jelas tarikan mesin. Lantas apa akibatnya jika mencampur jenis BBM tersebut atau sering gonta ganti?

Seperti yang diungkapkan Anjar Rosjadi selaku Technical Service Executive Coordinator Astra Daihatsu Motor (ADM) yang dikutip dari tribunjogja. Nah sebaiknya jangan melakukan hal tersebut, sebab jika hal itu dilakukan bisa mengakibatkan mesin kendaraan menjadi kotor.

Anjar juga menambahkan jika sering pakai BBM dengan kadar oktan rendah kemudian mencampurnya dengan oktan yang tinggi malah berbahaya.  Jika pakai oktan tinggi menurutnya malah bagus. Apabila keduanya di campur efek yang di rasakan yakni pada performa kendaraan.

Tarikan mesin bisa menajadi berat jika pakai BBM dengan oktan rendah dari pada menggunakan bensin dengan oktan yang tinggi. Ia juga menambahkan “Lagipula ika ppada awalnya menggunakan BBm RON 90 kemudian di campur yang lebih tinggi, kualitasnya atau oktannya tidak semata-mata langsung bertambah”. Sebaiknya bagi pemilik mobil harus secara konsisten ketika mengisi bahan bakar minyak, Supaya kualitas serta performa dari mesin mobil tersebut.

Ya demikian efek samping bagi kendaraan yang sering gonta ganti bahan bakar minyak. Alangkah baiknya isilah BBM sesuai dengan anjuran pabrikan dan kadar oktan yang sesuai dengan mesin kendaraan supaya mesin tetap dalam performa yang maksimal, semoga bermanfaat.

Advertisements

Reply

%d blogger menyukai ini: