Advertisements
no comments

Pentingnya Fitur VSC Pada Mobil

Adhikarta.net – Apa itu fitur VSC pada mobil? Mengalami kecelakaan ketika berkendara adalah hal yang paling tidak mengenakkan. Penyebab kecelakaan bisa berasal dari kendaraan yang error atau bahkan human error. 

Nah berbicara mengenai kecelakaan, hal ini bisa dicegah dengan perilaku berkendara serta adanya fitur keselamatan pada kendaraan. Dengan adanya fitur keselamatan tersebut sangatlah membantu, sebab bukan tidak mungkin si pengendara lalai atau kondisi cuaca yang tidak bersahabat,

Fitur keselamatan pada mobil yang sangat penting yakni Vehicle Stability Control (VSC), Seperti apakah fungsi dari fitur tersebut? yuk kita ulas…

Pentingnya Fitur VSC Pada Mobil

Nah seperti yang dijelaskan oleh Tommy Hermansyah selaku Product Knowledge Dept PT Toyota Astra Motor, VSC mempunyai fungsi untuk menjaga kendaraan supaya tetap stabil dan mengikuti jalur pada saat menikung atau berpindah jalur.

Sistem ini secara otomatis membantu pengurangan tenaga pada saat terjadi gejala kehilangan traksi pada salah satu roda. Dengan begitu, pengemudi menjadi lebih mudah mengendalikan laju mobilnya sehingga tetap aman.

“Fitur keselamatan ini bisa mencegah mobil mengalami understeer atau oversteer pada saat menikung. Karena umumnya traksi ban tidak semua sama saat menikung, lebih lagi ketika jalan licin dan berpasir, jadi bisa dibantu oleh fitur ini”, ujar Tommy seperti dikutip dari Kompas.com.

Tommy menambahkan, “Bahkan di beberapa mobil, sistem ini bukan hanya mampu mencegah roda spin atau slip, tapi otomatis juga ikut mengurangi gas. Jadi, pada saat pengemudi menginjak gas saat menikung, gas tidak akan bertambah melainkan berkurang, sesuai kebutuhan yang terbaca sistem”.

Di Malaysia, Pemerintah pada tahun 2018 bakal mengeluarkan peraturan yang mengharuskan setiap mobil baru wajib dibekali dengan fitur Vehicle Stability Control (VSC). Nah hal ini seperti yang telah diterapkan di Eropa serta Amerika.

Maka dari itu  fitur VSC ini begitu penting diaplikasikan ke mobil, Sehingga kecelakaan lebih bisa dihindari. Banyak kan kejadian-kejadian di jalan, ketika mobil kehilangan traksi jadi susah dikendalikan dan akibatnya kecelakaan tidak dapat terhindarkan. Oke, semoga bermanfaat.. salam satu aspal brather…

Advertisements

Reply

%d blogger menyukai ini: