Ini Lho Fungsi 5 Tombol Ducati Desmosedici GP17, Tunggangan Lorenzo & Dovizioso

Adhikarta.net – Beberapa waktu lalu Ducati telah memperkenalkan motor terbarunya yang bakal di gunakan Jore Lorenzo dan Andrea Dovizioso di MotoGP 2017. Nah kali ini saya akan sedikit membahas teknis dari Ducati Desmosedici GP17 tersebut.

Yang cukup menarik perhatian yakni lima tombol yang berada pada bagian kiri stang dari motor tersebut. Kabarnya, adanya tombol-tombol tersebut terinspirasi dari motor GSX-RR punya Suzuki musim lalu.

Bisa kita lihat sendiri foto di atas, bahwa semua tombol yang terpasang begitu pas dan sangat mudah dijangkau oleh jempol pembalap. Nah, ketika pembalap menekan tombol tersebut pada layar akan ada pemberitahuannya. Lantas apa saja fungsi dari 5 tombol pada Ducati Desmosedici GP17 tersebu?

  1. Tombol Merah: PW (Power), Jadi pembalap bisa bertindak atas pengaturan pemetaan pengiriman tenaga mesin, kemudian ada juga pemetaan untuk race saat hujan atau lintasan basah.
  2. Tombol Biru: LC (Launch Control), Tombol tersebut diaktikan pada saat prosedur star dan ini haru benar-benar dipatuhi pembalap.
  3. Tombol Kuning: FUE (Fuel), Tombol ini berhubungan dengan bahan bakar. Peraturan MotoGP melarang setiap motor pembalap menggunakan atau mengkonsumsi 22 liter bahan bakar pada tangki. Maka dari itu, setiap pembalap mempunyai hak untuk mencampur bahan bakar untuk mengurangi konsumsinya tapi disertai pemetaan ECU yang beda.
  4. Tombol Hijau: EB (Engine Brake), Tompol ini mempunyai fungsi yang sangat penting, yaitu bertindak ketika pembalap melakukan pengereman. Jadi maksudnya, supaya pembalap terhindar dari reaksi pengereman yang mungkin terlalu agresif atau berlebihan. Dan tombol EB ini bisa di setting sesuai selera pembalap sendiri, yang menyesuaikan gaya pembalap saat melakukan pengereman.
  5. Tombol Putih: PIT (pit), Tombol ini berguna bagi pembalap saat memasuki alur pit sebab membantu dalam memasukan batas kecepatan. Ya seperti yang kita ketahui bahwa jalur pit ini bervariasi pada setiap lintasan.

Baik itulah tadi sedikit penjelasan mengenai  5 fungsi tombol pada Ducati Desmosedici GP17, motor yang nantinya digunakan Lorenzo dan Doviozo. Sekedar informasi, pada tanggal 30 januari 2017 nanti bakal dilakukan tes pra musim di Sirkuit sepang, Malaysia.

2 Comments

  1. Akiim Ritonga

Reply

%d blogger menyukai ini: