no comments

Ganti Kampas Kopling CB150R Setelah 3 Tahun Pemakaian

Adhikarta.net – Akhirnya setelah tiga tahun pemakaian CB150R ganti kampas kopling juga. Tahun 2014 tepatnya, saya meminang motor sport naked dari Honda ini.

Dalam tiga tahun pemakaian, motor ini udah menjelajah diberbagai tempat dan berbagai macam suasana, panas, dingin, macet, dan lain sebagainya.

Berhubung pekerjaanku berada dilapangan dan harus wira wiri jakarta – Depok pakai motor, maka kiklometer motorku bisa dibilang luar biasa. Belum lagi buat touring Jakarta – Jogja yang udah beberapa kali aku lakukan. Bandel juga nih motor, belum pernah mengalami kerusakan berarti dalam tiga tahun ini.

Nah motorku ini sekarang udah menempuh jarak kurang lebih 100 ribu kilometer, waw udah bisa mengelilingi bumi tuh, bumi kan 88 ribu kilometer kalau tidak salah.

Lanjut, dalam tiga tahun ini yang udah pernah aku ganti yakni Aki, busi, filter, kampas rem depan belakang, dan yang terakhi ganti kampas kopling yang baru-baru ini saya lakukan di bengkel kesayangan, yakni bengkel resmi Ahas di daerah Juanda, Depok.

Kemudian untuk perawatan yang aku lakukan yakni seperti pada umumnya bagimana seharusnya merawat motor. Seperti ganti oli dan service rutin sebulan sekali, nah cb150r punyaku ku kasih oli SPX1. Oli yang paling bagus yang pernah aku pakai, ya kalau touring aku pakai Motul hehee 😀.

Berapa biaya ganti kampas kopling Cb150R? Kemarin saya indden di beres (bengkel resmi) satu bulan, waktu itu harganya sekitar Rp 300 ribu, belum sama biaya pemasangannya loh ya.

Nah berselang dua hari baru aku pasang, sekalian ganti oli dan kuras air radiator. Beehubung kampas kopling saya udah bayar, jadi untuk pemasangan, ganti oli, dan ganti air radiator kena biaya Rp 130 ribu. Dengan rincian sebagai berikut:

  • Jasa pemasangan Rp 60.000
  • Oli SPX 10W 30 1 liter Rp 52.500
  • Air Collant Rp 17.500

Ganti Kampas Kopling CB150R Setelah 3 Tahun Pemakaian

Nah jadi totalnya kalau ditambah harga kampas kopling habis Rp 450.000, harga segitu cukup terjangkau lah kan supaya motor tetap sehat dan enak untuk dinaiki.

Sarang buat anda yang ingin ganti kampas kopling buat old Cb150R, cari yang kodenya 3A, 3B, pokoknya ada kode 3 nya. Itu kata mekaniknya kemarin, sebab kemarin aku malah beli yang 2A, 3B, 4A, dll. Trus aku nanya, emang apa efeknya mas? Dia jawab, nanti tenaganya sama aja kayak gak ganti kampas kopling/ ngempos, tapi yawes lah aku pasang saja. Toh sekarang rasanya jadi tampah enak kok hahaha 😀.

Satu lagi, jangan lupa sekalian beli Packing box kampas kopling. Biasanya blok mesin kalau dibukak kan packingnya rusak jadi meski diganti, harganya murah kok sekitar 10 ribuan.

Yawess…. Segitu dulu ceritaku mengenai ganti kampas kopling CB150R, semoga bermanfaat. Kalau ada yang perlu ditanyakan silahkan komen di bawah, insyaallah aku jawab kalau aku paham haha… Akhir kata, Salam Satu Aspal Brather.

Nb. Maaf kalai tulisannya berantakan, kurang rapi dan asal-asalan, soalnya cuman nulis sari hp butut yang aku punya ini hehe…

Reply

%d blogger menyukai ini: