Review, Spesifikasi, Dan Harga Honda CB500F Februari 2017 Ada Warna Baru

Adhikarta.net – Spesifikasi dan Harga Honda CB500F. Hallo masbro selamat datang, nah pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang salah satu moge Honda yakni CB500F. Ya bisa dikatakan bahwa motor naked ini merupakan versi bugil dari saudaranya yakni CBR500R.

Untuk diketahui bahwa motor street fighter ini sudah ada sejak lama, khususnya di daratan Eropa. Dan disana peminat Honda CB500F ini juga cukup tinggi. Sedangkan untuk di Indonesia, Melalui PT Astra Honda Motor Indonesia (AHM) CB500F ini baru hadir pada tahun 2015 kemarin tepatnya tanggal 10 Juni.

Bisa anda lihat sendiri bahwa CB500F ini mempunyai desain yang begitu kekar yang membuatnya semakin gagah. Kemudian pada bagian depannya menggunakan lampu berbentuk V yang dinamis, sehingga membuat semakin terlihat agresif. Kemudian didukung dengan lampu sein yang menempel di headlamp, serta shround yang besar di kira dan kanannya semakin menunjukan aura street fighter.

Dan baru-baru ini PT Astra Honda Motor melakukan penyegaran pada motor street fighter ini. Yakni dengan menghadirkan dua pilihan warna baru yaitu Matte Gun Powder Black dan Millenium Red. Nah lantas apa saja kelebihan dari motor ini? mari kita kupas spesifikasi Honda CB500F ini.

Review, Spesifikasi, Dan Harga Honda CB500F Februari 2017 Ada Warna Baru

Mempunyai Tampilan Yang Gagah

Sekilas kalau diperhatikan, dibagian depan dari spesifikasi Honda CB500F ini mirip dengan varian Honda lainnya yakni CB650F, tapi dengan ukuran body yang lebih kecil. Pada bagian depan CB500F desain headlighta-nya mengusung bentuk V-shape yang dipadukan dengan lampu sein yang menempel pada headlam-nya. Lanjut ke bagian samping, Honda membekali dengan dua shrouds yang mempunyai bentuk runcing pada sisi-sisi body Honda CB500F. Bergerak ke bawah, Honda juga menyematkan under cover yang mampu melindungi bagian bawah mesin. Kemudian pada bagian belakang, spesifikasi Honda CB500F masih mengandalkan desain trail yang meruncing yang dipadukan desain lampu belakang yang minimalis.

Menggunakan Rangka Yang Ringan dan Kuat

Setelah membahas desainnya, selanjutnya kita bahas spesifikasi Honda CB500F pada sektor dimensinya. Rangka yang digunakan pada motor street fighter ini yakni steel diamond tube, yang mempunyai diameter 33 mm sehingga ringan dan tetap kuat. Pada rangka tersebut sudah di setting sedemikian rupa supaya mempunyai fungsi yang maksimal sehingga mampu menahan getaran ketika melewati jalanan yang tidak rata.

Honda CB500F ini mempunyai dimensi panang 2.075 mm, tinggi 100 mm, dan lebar 780 mm. Kemudian motor ini juga mempunyai bobok yang cukup ringan yakni 192 kg. Nah dengan dimensi body seperti itu akan membuat pengendara dapat dengan mudah untuk bermanuver atau pun berakselerasi secara mudah. Hal ini juga didukung dengan jarak sumbu roda yang tidak terlalu panyang, yakni hanya 1.410 mm. Kemudian untuk kapasitas bahan bakar dari Honda CB500F ini 15,5 liter.

Mempunyai Kaki-Kaki Yang Kokoh

Pembahasan mengenai spesifikasi Honda CB500F selanjutnya yakni pada sektor kaki-kakinya. Nah untuk menunjang kelincahan dari motor street fighter ini, telah di bekali dengan kaki-kaki yang kokoh dan tangguh. Honda CB500F menggunakan suspensi teleskopik dengan fork yang mempunyai diameter 41 mm dibagian depannya. Kemudian untuk suspensi belakang, Honda telah membekali dengan suspensi square-pipe pro-link dengan swing arm baja serta satu per. Nah dengan begitu dijamin membuat pengendara semakin nyaman menaiki motor ini, apalagi untuk bermanuver.

Kemudian untuk menjaga keamanan si pengendara, Spesifikasi Honda CB500F juga sudah dibekali dengan sistem pengereman pinson ganda dengan cakram 320 mm untuk rem depan, dan piston tunggal dengan cakram 240 mm untuk rem belakang. Dan pada kedua sektor pengereman Honda CB500F ini sudah menggunakan sistem teknologi Anti Lock Braking (ABS). Kehebatan kaki-kaki dari motor ini semakin tangguh dengan di dukung ban berukuran 120/70ZR-17M/C depan, serta 160/60ZR-17M/C belakang.

Dibekali Mesin DOHC 2 Silinder 471 cc Yang Tangguh

Pembahasana mengenai spesifikasi Honda CB500F selanjutnya yakni pada sektor dapur pacunya. Nah, motor keluaran terakhir dari jajaran moge Honda ini dipersenjatai dengan mesin DOHC 2 silinder 8 katup dengan kapasitas mesin 471 cc. Cukup menarik, sebab mesin tersebut mempunyai kemiripan dengan varian moge Honda lainnya yakni CBR600, yaitu mempunyai kemiripan ukuran diameter piston & stroke yakni 67 mm x 66,8 mm.

Nah pada mesin tersebut juga sudah menggunakan teknologi PGM-FI yang membuatnya tetap irit bahan bakar, dengan begitu Spesifikasi Honda CB500F ini mampu mengeluarkan tenaga maksimum 35 Kw di putaran 8.500 rpm dan mempunyai torsi maksimum 43 Nm di putaran 7.000 rpm.

Dibekali Fitur Yang Cukup Lengkap

Pembahasan spesifikasi Honda CB500F selanjutnya yakni pada fitur-fiturnya. Motor garapan Honda ini sudah dibekali dengan panel instrumen full digital. Panel intrumen tersebut mempunyai tampilan berwarna biru dan didukung dengan speedometer, technometer, jam, odometer, tripmeter, konsumsi bahan bakar. Nah dengan begitu semakin memudahkan pengendara untuk mengetahui kondisi motornya.

Selanjutnya, spesifikasi Honda CB500F ini juga dibekali dengan teknologi Honda Ignition Security System (HISS). HISS merupakan sistem keamanan yang berupa kuncu kontak canggih yang berhubungan dengan sistem elektronik. Cara kerjanya yakni sebuah chip yang disebut Chip IC dimasukan ke dalam kunci kendaraan yang sudah mempunyai ID khusus , yang mana ID tersebut akan diverifikasi dan jika cocok maka mesin bisa dinyalakan. Jadi mesin hanya bisa dinyalakan dengan kunci dan ID yang cocok.Review, Spesifikasi, Dan Harga Honda CB500F Februari 2017 Ada Warna Baru  Review, Spesifikasi, Dan Harga Honda CB500F Februari 2017 Ada Warna Baru

Spesifikasi Honda CB500F

  • Tipe mesin DOHC Parallel Twin Cylinder 4 Stroke 8 Valve
  • Kapasitas mesin 471,0 cc
  • Karburasi PGM-FI
  • Bore x Stroke yakni 67 mm x 66.8 mm
  • Mempunyai Rasio kompresi 10.7:1
  • Tenaga maksimum 35Kw @8.500 rpm
  • Torsi maksimum 43Nm@7.000 rpm
  • Tipe starter electric
  • Sistem pendingin Liquid cooled
  • kapasitas Oli 3,2 liter
  • Tipe Kopling wet multiplate with coil spring
  • Tipe Transmisi Constant Mesh 6 speed rerurn
  • Tipe Rangka Diamond Frame
  • Panjang keseluruhannya 2.075 mm
  • Lebarnya 780 mm
  • Tingginya 1.060 mm
  • Jarak sumbu roda 1.410 mm
  • Jarak dengan tanah 155 mm
  • Tinggi jok 790 mm
  • Berat kosong 192 mm
  • Mempunyai suduk kemiringan 25.5°/102.6 mm
  • Kapasitas bahan bakar 16.7 liter
  • Suspensi depan Telescopic with 41 mm fork
  • Suspensi belakang Steel square pipe swingarm ith pro link system & single shock with 9 position spring preload adjustability
  • Rem depan twin piston caliper with single 320 mm Wavy disc (2 channel type of ABS/Anti Lock Braking system)
  • Rem belakang Single piston caliper with 240 mm single wavy disc (2 channel type of ABS/Anti Lock Braking System)
  • Ban depan menggunakan ukuran 120/70ZR-17M/C
  • Ban belakang menggunakan ukuran 160/60ZR-17M/C
  • Fitur keamanan menggunakan Honda Ignition Security System (HISS)

Harga Honda CB500F

Harga yang ditawarkan untuk Honda CB500F yakni bisa dibilang termurah dari jajaran big bike Honda. Ya dengan begitu bisa menjadi alternatif untuk anda yang ingin naik ke level Motor Gede.

  • Harga Honda CB500F ABS: Rp139.250.000,- OTR Jakarta

Nah dengan harga yang masih berkisar di bawah Rp200 juta tersebut, sangat cocok bagi pemula yang ini naik level di kelas motor gede. Apalagi motor street fighter ini juga sangat cocok di jalanan perkotaan sebagai teman untuk menunjang kegiatan sehari-hari anda. Nah sampai disini dulu pembahasan mengenai spesifikasi dan harga CB500F, semoga bermanfaat.

One Response

  1. Abdul Hakim Ritonga

Reply

%d blogger menyukai ini: