Advertisements
no comments

Jalan Tol dan Kreta Akan Menghubungkan Bandara Kulon Progo Dengan Candi Borobudur

Adhikarta.net – Pemerintah melalui Kementrian Perhubungan dan Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), berencana membangun tol dan kreta yang akan menghubungkan Bandara Kulon Progo New Yogyakarta International Airpot (NYIA) dengan candi Borobudur.

Pembangunan jalan tol ini dan kreta dari NYIA ke objek wisata Candi Borobudur yakni bertujuan untuk memudahkan akses wisatawan. Nah, Gubernut Yogyakarta, Sri Sultan Hamengkubueono X mengungkapkan saat ini pihaknya masih menentukan trase atau jalur yang akan menghubungkan kedua tempat tersebut.

“Ada beberapa materi yang belum selesai antara gapnya dari rencana pembangunan bandara Internasional. Masa trasenya kereta api, jalur yang mau ke Borobudurnya itu lewat mana? Lah saya berharap itu segera diputuskan,” ungkap Sri Sultan, dikutip dari Kumparan.com (20/4/17).

Sri Sultan sendiri telah mengajukan beberapa pilihan daerah yang bisa di akses jalan tol dari Bandara Kulon Progo ke Candi borobudur yakni bisa melalui sentolo, kemudian Palemba Timur, dan opsi terakhir melalui Muntilan.

Yang paling mungkin terealisasi yakni melalui Muntilan. sebab, bila melalui Sentolo atau Palemba Timur harus melalui kawasan pegunungan.

“Ini ditengah hanya pelebaran (Jalan) saja, jalannya sudah ada. Ditingkatkan dari jalan Provinsi menjadi jalan Negara. Itu tidak memotong gunung gitu, ya nanti antara Kemenhub dan PU bakal berunding sendiri,” tambahnya.

Sekedar informasi, Bandara Kulon Progo nantinya akan tehubung empat akses utama yakni jalan nasioal Yogyakarta ke Karang nongko wates, Jalur Jalan Lintas Selatan (JJLS), Jalan Daendels serta menggunakan kereta api. Dan khusus JJLS, nantinya akan melalui bawah terminal Airport.

Advertisements

Reply

%d blogger menyukai ini: