no comments

Mau Beli Mobil Bekas? Ketahui Dulu Ciri Mobil Bekas Banjir

Mau Beli Mobil Bekas? Ketahui Dulu Ciri Mobil Bekas Banjir  Adikarta.net – Mengetahui ciri mobil bekas banjir. Apabila anda ingin membeli mobil bekas, jangan mudah terkecoh dengan tampilan yang mulus serta harga yang menggiurkan. Ada beberapa hal yang harus anda pertimbangkan terlebih dahulu, seperti apakah mobil pilihan anda bekas kecelakaan ataukah mobil bekas banjir.

Nah kali ini saya akan sedikit membahas tentang ciri-ciri mobil yang pernah terkena banjir. Ya seperti saat ini memang cukup sulit untuk mengetahui mobil bekas yang berkualitas, dan pembeli harus benar-benar teliti dalam memilih daripada nantinya menyesal.

Kenapa tadi saya bilang cukup sulit mengetahui mobil bekas yang berkualitas? Ya karena semua bengkel atau salon mobil kini semakin canggih, mobil yang sudah beberapa hari terendam banjir bisa saja di sulapnya menjadi bagus kembali.

Seperti yang kita tahu bahwa mobil sekarang banyak menggunakan sistem elektrikal. Jadi kalau sistem tersebut terendam banjir, dampaknya yakni jadi mudah konslet. Contohnya pada komponen ECU, apabila mengganti komponen ini cukup mahal nah biasanya para pemain “nakal” hanya di otak-atik saja. Memang tidak terlihat, tapi untuk jangka panjang pembeli harus membayar cukup mahal.

Ciri mobil bekas banjir

Mobil yang pernah terendam banjir biasanya olinya putih seperti susu, kemudian terdapat karat pada bagian bodi serta mesin. Kemudian lihat juga warna kabel di balik dashboard depan, jika pernah terkena banjir warnanya bakal berbeda. Kemudian ada embun pada lampu.

Kenali suara mesin mobil, mobil yang pernah terkena banjir suaranya akan lebih kasar atau keras di bandingkan dengan mobil normal. Caranya begini, nyalakan mobil hingga menyentuh 1.000 rpm untuk mobil yang sudah mencapai 50.000 km suaranya memang keras, tapi jika mobil belum sampai 50.000 km tapi suaranya keras berarti ada yang bermasalah dengan mobil tersebut.

Baca Juga: Cara membuat mesin mobil tetap kinclong.

Melakukan perbandingan

Kondisi mobil juga bisa di cek dengan membandingkan mobil bekas dengan mobil baru. Lihatlah komponen mobil yang masih baru di internet, jika mobil bekas pilihan anda komponen yang berbeda, patut untuk di curigai. Contohnya karet nat kaca yang telah disiller lem hitam, hal ini biasanya karena pernah pecah atau pernah di bongkar. Untuk kaca mobil yang masih normal bisa diketahui dengan adanya sablon tulisan merek pada pinggirannya.

Kemudian pastikan juga lebar nat antara pintu dengan kusen sama lebar pada sekeliling pintu, jika berbeda bisa jadi pernah mengalami tabrakan atau patah.

Terkait dengan mesin

Anda juga harus memeriksa apakah ada kebocoran pada oli mesin ataupun air radiator. Kebocoran oli merupakan pertanda bahwa tidak lama lagi mobil bakal turun mesin. Periksa air radiator mobil, jika kondisi normal air akan terlihat bening, begitu juga dengan oli.

Apabila oli terlihat keruh putih atau berair bisa jadi terdapat kebocoran pada air radiator. Nah jika air radiator bocor, dampaknya bisa membuat mesin mobil karatan serta aus. Ya jika begitu berarti kondisi mobil tidak baik.

Nah, berikut ini ada beberapa langkah sederhana mengetahui mobil bekas banjir:

  1. Lihat buku service apakah masih mulus atau lusuh, jika seperti tampak bekas rendaman air berarti mobil tersebut kemungkinan bekas banjir. Ya biasanya kan buku service di taruh di mobil.
  2. Masuk lah ke dalam mobil, apabila anda mencium bau lembab atau bau seperti kain basah patut untuk di curigai. Berarti karpet atau interiornya pernah terendam banjir.
  3. Perhatikan pada bagian bawah jok, karena pada bagian tersebut tidak di cat melainkan menggunakan dioda. Apabila terkena air bagian ini akan berkarat dan jika di pegang tidak mulus, dan memiliki bau yang kurang sedap.
  4. Buka panel penutup bodi pada bagian bawah dekat kursi, apabila di buka pada sela-sela terdapat lumpur yang menempel, kemungkinan pernah ada air kotor masuk.
  5. Periksa pada bagian setir ataupun dashboard, apabila pada sela-sela soket terdapat lumpur atau adanya karat, dapat dipastikan mobil tersebut pernah terkena banjir.

Ya itu lah tadi sedikit penjelasan mengenai ciri mobil bekas banjir. Semoga bisa menjadi bahan pertimbangan anda dan bisa semakin teliti untuk membeli mobil bekas.

Reply

%d blogger menyukai ini: