no comments

Melalui Aplikasi I-Toll, Pemudik Bisa Pantau Kepadatan Jalan Tol

Adhikarta.net – Tinggal beberapa hari lagi mudik lebaran 2017 bakal berlangsung. Seperti mudik-mudik pada umumnya, terjadinya kemacetan memang susah untuk dihidari. Nah maka dari itu, supaya pemudik bisa memantau jalur yang terkena macet Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan merilis aplikasi I-Toll.

Dengan menggunakan aplikasi I-Toll, bisa membantu pemudik untuk menemukan rute yang relatif lancar. Menurut Kepala Badan Pengatur jalan Tol (BPJT), Herry Trisaputra Zuna, yang dikutip dari CNN mengungkapkan bahwa aplikasi I-Toll ini serupa dengan aplikasi yang pernah dirilis oleh operator jalan tol PT Jasa Marga Tbk, JMCare.

Baca: Mudik 2017, Jangan Kaget Jika Ada Motor Masuk Tol

Perbedaannya yakni, “Kalau JMCare lebih fokus ke jalan tol yang dioperasikan Jasa Marga. Padahal, jalan tol ini kan tidak semua punya Jasa Marga,” ungkap Herry. ¬†Untuk aplikasi I-Toll, pemudik bisa mengakses langsung kondisi jalan tol yang terpantau CCTV yang dipasang pada sejumlah ruas jalan tol.

Kamera CCTV ini sudah terpasang diruas jalan tol dengan jarak setiap 1 kilometer, dan ada juga yang dipasang setiap 500 meter. “Diruas tol Jasa Marga, CCTV ada yang dipasang setiap 1 kilometer, dan ada yang dipasang setiap 500 meter. Kalau ruas tol Cikopo – Palimanan CCTV baru belasan, namun sedang didorong untuk ditambah,” jelas Herry.

Selain membantu memantau kondisi jalan tol, aplikasi I-Toll ini juga bisa membantu pemudik untuk menemukan atau mencari tahu informasi tempak untuk beristirahat (rest area) terdekat, serta memprediksi waktu tempuh perjalanan melalu aplikasi tersebut.

Saat ini, proses pembuatan aplikasi untuk membantu pemudik ini telah memasuki tahap finansial. Dan diharapkan, I-Toll bisa diluncurkan pada pertengahan Juni 2017 atau sebelum memasuki periode mudik yakni H-7 lebaran.

Pada tahap awal, aplikasi ini bisa diakses secara gratis oleh pengguna smartphone berbasis android. Tapi jika diperlukan, kedepannya aplikasi I-Toll ini akan dikembangkan untuk pengguna ponsel berbasis iOS.

Reply

%d blogger menyukai ini: