no comments

Mengenal Lebih Dekat Teknologi VVA Pada YZF-R15, Beda Lho Dengan NMAX

Adhikarta.net – Hari senin kemarin Yamaha bersama pembalap MotoGP telah memperkenalkan All new Yamaha YZF-R15 ke publik. Motor sport fairing 150 cc ini pun sudah dibekali dengan teknologi VVA (Variable Valve Actuation), sama yang sudah digunakan ke produk Yamaha lainnya seperti NMAX dan Aerox.

Teknologi VVA ini merupakan kunci dari motor sport fairing untuk mempertahankan performa mulai dari putaran bawah hingga putaran atas.

Menurut penjelasan Ridwan Arifin selaku Service Education PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), VVA mempunyai fungsi untuk menjaga tenaga serta torsi maksimum tetap ada di setiap putaran. Hal tersebut bisa terjadi karena klep akan menyesuaikan faktor wiming, durasi, serta lift.

jadi cara kerjanya begini, ketika putaran mesin mencapai 7.400 rpm VVA pada YZF-R15 ini akan aktiv. Kemudian ECU memberikan perintah ke selenoid untuk pindah kem. VVA mengubah durasi intake low cam menadi intake high cam. Jadi vakve berubah, durasi berubah, lift berubah, dan otomatis tenaga siap terus.

Perbedaan VVA R15 dengan NMAX ataupun Aerox yakni pada pengaturannya. Pada dua skutik tersebut VVA akan mulai bekerja pada 6.000 rpm. Beda kan? sepertinya sudah saya jelaskan di atas, VVA dari R15 akan mulai bekerja pada 7.400 rpm.

Kenapa Yamaha R15 tidak menggunakan mesin tipe DOHC dan tetap mempertahankan tipe SOHC? Menurut Yu Kitamura selaku Project Leader All New R15 ST Development Division Yamaha Motor Company Ltd. Dengan menggunakan mesin SOHC dikombinasikan teknologi VVA performanya bakal lebih baik daripada menggunakan tipe DOHC. Sebab tipe DOHC hanya fokus ke rpm tinggi, sedangkan SOHC + VVA menjaga tenaga dan torsi tetap di setiap putarannya.

Kitamura menambahkan, jika menggunakan tipe mesin DOHC tidak match, karena merupakan tipe mesin long stroke. Jadi bukan karena DOHC atau SOHC lebih tinggi ataupu  rendah, tapi ini soal keselarasan yang berhubungan dengan stroke dan karakter mesin.

Nah begitulah tadi sedikit pembahasan mengenai Teknologi VVA Yamaha YZF-R15. Bagaimana tanggapan anda mengenai teknologi ini?

No Responses

Reply

%d blogger menyukai ini: