no comments

Mengenal Lebih Dekat Tentang E-tilang, E-samsat, dan SIM Online

Mengenal Lebih Dekat Tentang E-tilang, E-samsat, dan SIM Online

mengenal tentang E tilang, E samsat dan SIM Online

Adhikarta.net – Mulai besok kamis 15 Desember 2016 Polri secara resmi tiga sistem terbarunya yakni E-tilang, E-samsat, dan SIM Online. Dimana dengan hadirnya tiga sistem ini diharapkan mampu meningkatkan serta mempermudah pelayanan kepada masyarakat.

Dengan di hadirkan sistem berbasis online ini bisa meminimalisir terjadinya praktek pungutan liar (pungli) dan juga lebih mempermudah masyarakat untuk membayar tilang karena transaksi bisa langsung dibayarkan melalui transfer Bank, serta dengan adanya sistem ini juga mampu mengurangi masyarakat yang hadir dalam sidang. Kemudian penegakan hukum bisa cepat, tepat, dan akurat.

Yuk kita bahas satu persatu, kita mulai dari E-tilang terlebih dahulu. Nah dengan adanya aplikasi tilang online tersebut data dari pelanggar akan terkoneksi dengan kejaksaan serta pengadilan, yang nantinya untuk menentukan putusan denda. Bukan hanya itu saja, pelanggar juga terkoneksi dengan sistem penerbitan SIM dengan begitu dapat langsung diketahui pelanggaran apa saja yang pernah di lakukan oleh si pemilik SIM tersebut. Tertiblah berlalu lintas gaez 😀

Baca Juga: Cara Bayar Pajak Kendaraan Melalui E-Banking

Lantas apa keuntungan dengan adanya aplikasi tilang online? Keuntungannya yakni bisa diketahui secara transparan, cepat, serta akurat oleh para pihak terkait diantaranya Polri, Kejaksaan, MA/Pengadilan di setiap tingkatan mulai dari Kabupaten kota, Provinsi, sampai pusat seperti rekapitulasi data penindakan tilang, yang mana bisa diakses dari aplikasi tilang online, kemudian detail data penindakan tilang bisa di akses lewat website yang sudah terhubung dengan jaringan internet.

Nah selanjutnya yakni tentang E-samsat, dimana masyarakat tidak perlu repot-repot datang ke samsat untuk membayar pajak kendaraan. sebab bisa dilakukan secara online Nah ini yang jadi pertanyaan saya, terus bukti bahwa kita sudah bayar pajak bagaimana? apakah dengan menunjukan struk pembayaran saja? terus tulisan yang ada di STNK itu bagaimana? Ya saya sendiri pun belum mendapat info yang jelas, nanti kalau sudah ada di update 😀

Kemudian untuk SIM Online ini juga sangat membantu masyarakat yang mempunyai SIM. Caranya yakni, jika anda hendak memperpanjang SIM yang sudah mau habis masa berlakunya, tinggal mendatangi Satuan Administrasi Penerbit SIM (Satpas) di Polres terdekat.

Seperti yang kita ketahui selama ini, apabila masyarakat mempunyai SIM yang mana di keluarkan dari daerah asal sedangkan orang tersebut sedang merantau maka harus kembali ke daerah asal untuk mengurusnya. Dengan adanya SIM online ini, masyarakat tidak lagi direpotkan untuk kembali ke daerah, ya tinggal datang ke Polres terdekat.

 

No Responses

Reply

%d blogger menyukai ini: