no comments

Pemkab Kulon Progo Bakal Tambah 3 Titik Baru Hotspot Wifi di Alwa

Adhikarta.net – Siapa yang tidak kenal dengan Alun-Alun Wates atau biasa disingkat Alwa, semua masyarakat Kulon Progo pasti mengenal tempat yang satu ini. Lokasi alun-alun Wates yang berada di tengah-tengah kota, membuatnya sangat mudah untuk di jangkau.

Selain itu, banyak hal-hal positif yang terdapat dan bisa dilakukan di alwa. Diantaranya bisa menjadi tempat liburan keluarga yang asik, tempat berolahraga, tempat berkumpulnya komunitas, dan ada fasilitias Wifi yang membuat pengunjung betah.

Berbicara soal fasilitas hotspot Wifi, diketahui saat ini baru ada satu titik saja. Nah seperti yang diberitakan jogja.tribun, Pemerintah kabupaten Kulon Progo saat ini sedang mempersiapkan pemasangan jaringannya untuk tiga titik baru.

Heri Darmawan selaku Sekretaris Dinas Komunikasi & Informatika (Diskominfo) menyebutkan bahwa kawasan alun-alun Wates saat ini menjelma menjadi ruang publik yang digunakan masyarakat sebagai pusat hiburan, kuliner, serta pendidikan.

Nah untuk mendukung tumbuh kembang kawasan tersebut, dibutuhkan fasilitas Wifi sebagai fasilitas pendukung untuk masyarakat. Seperti yang kita tahu, saat ini area Hotspot di alwa hanya berada di satu titik yakni sisi timur kawasan alwa dengan kekuatan 0,5 Mbps.

Rencananya, tiga titik area Hotspot Wifi gratis yang akan ditambahkan yakni di sekitar depan Rumah Dinas Bupati, Dinas Kesehatan, dan sekitar air Mancur Alwa.

Dan pada pekan depan diharapkan pengunjung alun-alun sudah bisa menikmati fasilitas tersebut. “Akses informasi melalui internet saat ini telah menjadi kebutuhan masyarakat, sehingga penambahan titik area internet itu perlu dilakukan,” ungkap Heri.

Pihaknya berharap, dengan ditambahnya spot internet gratis ini akan semakin menambah minat masyarakat untuk berkunjung ke Alun-alun Wates.

Baca: Hacker Bisa Curi Data Melalui Film Bajakan 

Gunakan Internet Dengan Bijak

Pemkab Kulon Progo Bakal Tambah 3 Titik Baru Hotspot Wifi di Alwa

Era digital seperti sekarang ini siapa yang tidak mengenal/ menggunakan internet? saya yakin sebagian besar sudah menggunakan internet. Internet seolah sudah menjadi kebutuhan primer manusia modern. Segala sesuatu bisa dilakukan lewat internet seperti berkomunikasi, berbelanja, boking transportasi, dan lain sebagainya.

Tapi, ada hal yang perlu anda perhatikan saat berselancar dengan internet supaya tetap aman dan nyaman. Jangan sampai anda mendapat keajadian negatif ketika melakukan aktivitas ketika menggunakan internet. Nah, untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan dari internet, berikut ada beberapa tips menggunakan internet yang aman dan nyaman.

  1. Ganti password aku e-mail atau sosial media anda secara berkala. Bisa dalam kurun waktu setahun sekali atau enam bulan sekali. Supaya tidak lupa passwordnya, anda bisa catat di secarik kertas dan simpan di dompet. 🙂
  2. Hindari scam, penipuan sering kali muncul melalu tawaran pop up mail. Jangan gampang tergiur dengan diskon-diskon atau ajakan dari akun atau iklan yang sumber dan kredibilitasnya tidak jelas.
  3. Kenali phising, Phising yaitu tindakan untuk mengail password atau nomor rekening anda. Biasanya, nama email pengirim hampir mirip seperti akun email resmi yang anda gunakan. Biasanya anda akan diminta mengisi alamat akun anda dan ubah password melalui formulir yang mirip seperti laman log in akun google. Padahal, sebetulnya mereka sedang mencoba mencuri password email anda/ mencoba meretas akun anda.
  4. Sering terganggu dengan adanya malware, apa itu malware? sederhananya yakni virus yang menyebabkan gangguan kecil tapi sangat menyebalkan. Contohnya, pop up monitor yang muncul terus menerus. Hindari dengan rutin scan gadget anda dengan antivirus yang selalu update, gunakanlah chrome cleaner tool, dan hapus program-program yang anda tidak ingat pernah meng-instal-nya. Malware juga bisa kita dapatkan secara tidak sadar melalui file gratis yang kita unduh, misalnya film bajakan.
  5. Pantaulah reputasi online anda, bisa dicoba dengan cara searching di google dan tulis nama anda disitu. Dan lihat apa hasilnya? Mulailah lebih bijak dalam memposting sesuatu hal di dunia maya baik itu status, foto pribadi, dokumen, dan lain sebagainya. Ingat!!! sekali menyebar diinternet, sudah untuk menariknya lagi.
  6. Bagaimana meresoin cyberbullying? Saling debat atau nyinyir di kolom komentar media sosial tidak akan menyelesaikan masalah. Tidak perlu dibalas ketika ada yang membully anda di media sosial. Adanya bully dimedia sosial bisa terjadi karena adanya kesalahpahaman dalam bahasa penulisan, ya itu salah satunya. Tahan emosi anda, apabila anda mengenal orangnya, lebih baik bicara dengan baik-baik dan temui secara langsung untuk meluruskan masalahnya. Jika hal ini “Bullying” terjadi pada anak, beri tahu padanya bahwa itu merupakan bentuk cyberbullying, ajarkan untuk merespon dengan bijak.
  7. Perhatikan anak-anak anda, para digital native sudah tak bisa lepas dari yang namanya gadget. Nah maka dari itu, coba anda aktivkan fitur safesearch dari setting browser supaya pencarian mereka terhindar dari konten yang tidak layak seperti pornografi ataupun tindakan kekerasan.

Reply

%d blogger menyukai ini: