Advertisements
no comments

Perbedaan leheran knalpot cacing dengan yang polos/monel

Perbedaan leheran knalpot cacing dengan yang polos/monel

Knalpot

Adhikarta.net – Seperti yang kita ketahui leher knalpot ada beberapa tipe, ada yang model las cacing atau aragon serta ada yang monel. Dari kedua monel tersebut memiliki perbedaan serta keunggulaan dan kelemahannya. Nah, lantas apa perbedaan dari kedua jenis leher atau header knalpot tersebut?

Sebelum ke inti pembahasan sebaiknya kita ketahui dulu tentang header knalpot, kalau di tempat saya biasa di sebut gulu banyak. Header adalah bagian pada knalpot yang berada di paling ujung yang menempel langsung pada bagian mesinnya. Fungsinya yakni sebagai penyalur utama gas buang dari kendaraan bermotor. Gas buang ini merupakan sisa hasil pembakaran didalam mesin.

Mari kita bahas tentang leher knalpot dengan tipe cacing. Untuk header tipe ini bahan pembuatan yang digunakan adalah yang anti karat yaitu stainless asli. Nah, dengan demikian untuk perawatan menjadi lebih muda bukan? Ya soalnya tidak perlu perawatan khusus ketika habis dibawa hujan-hujanan soalnya kan anti karat. Cukup dilap saja sepertinya sudah cukup, tapi untuk berjaga-jaga dan supaya tampilan tetap kinclong bisa lakukan perawatan yang lebih.

Kemudian untuk header dengan tipe monel atau polos. Nah untuk leheran tipe ini bahan pembuatannya yakni menggunakan baja monel yang di chrome. Untuk model header tipe ini memang harus memerlukan perawatan khusus supaya tidak mudah berkarat. Ya kalau sudah terlanjur berkarat terlihat jelek juga dan susah untuk dibersihkan. Lakukan perawatan secara berkala supaya leher knalpot tidak mudah berkarat.

Lanjut lagi tentang performanya, apakah memiliki perbedaan? Ada beberapa orang yang mengatakan bahwa leher knalpot tipe monel/ polos memiliki performa yang bagus, alasannya gas buang dari tipe ini lebih lancar tanpa hambatan dari. Sementara untuk tipe las cacing gas buangnya bakal terhambat karena adanya las-lasan di tiap lekukannya. Apakah pendapat ini benar?

Saya kurang sependapat, pasti untuk leheran dengan tipe las cacing yang berkualitas sudah diperhitungkan dengan baik dalam pembuatannya sehingga tidak mempengaruhi performa ataupun gas buangnya.

Last, jadi untuk kedua tipe leher tersebut dalam performa bisa dibilang sama saja. Yang beda adalah dari segi tampilannya. Yang cacing harganya lebih mahal tapi untuk segi perawatan lebih mudah, sedangkan yang monel harganya lebih murah tapi kamu harus melakukan perawatan lebih supaya tidak mudah berkarat. Nah begitulah perbedaan dari leher knalpot tipe las cacing dengan leher tipe monel atau polos.

Advertisements

Reply

%d blogger menyukai ini: