no comments

Perubahan Sirkuit Catalunya, Jadi Lebih Pendek 75 Meter

Perubahan Sirkuit Catalunya, Jadi Lebih Pendek 75 Meter

Layout sirkuit Catalunya MotoGp 2017

Adhikarta.net Perubahan sirkuit Catalunya. Hallo pecinta MotoGP, masih ingat insiden beberapa waktu lalu di sirkuit Catalunya? yap yakni meninggalnya Luis Salom ketika sedang melakukan sesi latihan bebas kedua. Mulai dari situ banyak kalangan yang mempertanyakan perihal keselamatan di sirkuit tersebut.

Dan banyak juga dari kalangan pembalap meminta untuk merubah desain sirkuit tersebut, khususnya di tikungan 12. Dan akhirnya pihak Federasi Motor International (FIM), FIA, serta pengelola sirkuit Catalunya menyetujui untuk sedikit melakukan perubahan pada sirkuit tersebut.

Seperti yang kita tahu bahwa sirkuit Catalunya juga digunakan pada ajang balap Formula 1 (F1), lantas apakah berpengaruh pada ajang balap F1? Ya sama sekali tidak berpengaruh masbro, sebab pada dasarnya perubahan di layout MotoGP ini lebih mirip dengan layout Formula 1. Bedanya kalau di MotoGP jelang tikungan terakhir chicane-nya bakal sedikit pindak ke depan.

Baca Juga: Jadwal MotoGP 2017: Latihan bebas, Kualifikasi, Race, dan Jam Tayang

Nah dengan begitu run-off di tikungan 12 menjadi meningkat, dan memungkinkan pembalap untuk mengakses pit line tanpa perlu memotong seluruh lebar lintasan dengan cara yang berbahaya.

Lanjut lagi, seperti yang digunakan pada ajan balapan F1 sejak tahun 2004. Para pembalap MotoGP nantinya akan menggunakan versi yang lebih pendek pada tikungan sepuluh. Dengan layout baru tersebut, menjadikan sirkuit Catalunya lebih pendek 75 meter untuk race MotoGP, yang panjang sebelumnya yakni 4727 meter.

Perbuhana sirkuit Catalunya rencananya bakal di kerjakan bulan depan, yakni waktu tepat sebab tidak ada aktivitas di lintasan karena libur panjang. Dan dijadwalkan selesai pada akhir bulan Januari 2017. Sirkuit Catalunya musim 2017 bakal di gunakan untuk ajang balap MotoGP mulai tanggal 9-11 juni 2017.

Ya itulah tadi sedikit penjelasan mengenai perubahan sirkuit Catalunya, semoga dengan perubahan layout tersebut membuat para pembalap terhindar dari insiden seperti yang sudah-sudah.

 

No Responses

Reply

%d blogger menyukai ini: