no comments

Sebentar Lagi, Wuling Mobil Terlaris Di China Bakal Hadir Di Indonesia

Adhikarta.net – Seperti yang banyak orang ketahui bahwa China merupakan negara yang menjual serta memproduksi mobil terbanyak didunia. Hal ini bisa dibuktikan dengan banyaknya kendaraan yang dikirimkan ke konsumen sebanyak 24,13 juta unit tahun 2016 kemarin.

Pada tanggal (12/3/17) kemarin CPCA (China Passenger Car Association) telah merilis sepuluh model mobil yang paling laris di negara berjuluk Tirai Bambu tersebut. Nah salah satunya adalah Wuling Hongguang, Mobil yang termasuk multi purpose vehicle (MPV) ini dikabarkan bakal meramaikan pasar otomotif di Indonesia pertengahan tahun ini.

Ternyata, Wuling merupakan salah satu model yang paling laris di China. Pada tahun 2016 kemarin tercatat mobil ini mampu terjual hingga mencapai 650.018 unit dan keseluruhan group SGMW berhasil mencatat pejnualan hingga 2,13 juta unit. Angka tersebut jika dibandingkan dengan Indonesia berarti lebih dari setengah total penjualan mobil di Tanah Air.

Sebentar Lagi, Wuling Mobil Terlaris Di China Bakal Hadir Di Indonesia

Desain Wuling

Pertama kalinya wuling tampil di Indonesia yakni pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) tahun kemarin. Kala itu wuling memamerkan dua model yaitu Hongguang serta Baojun. Dan menurut Xu Feiyun selaku Presiden SGMW (SAIC-General Motors Wuling) menjelaskan bahwa yang akan dipasarkan yakni Hongguang yang akan punya nama Indonesia.

Dilihat dari tampilannya mobil MPV ini sungguh menarik kemudian dengan tongkrongan yang lebih bongsor, ya cukup wajar sebab dimensinya yang lebih tinggi. Bagian interiornya wuling menggunakan material yang begitu nyaman serta pemasangan yang sangat rapi, bisa dibilang terlihat cukup mewah. Kemudian desain dashboard juga mulus serta ergonomis. Kemudian ada beberapa panel dengan lapisan krom termasuk pada kisi-kisi AC.

Selain itu, Wuling mempunyai kabin dengan warna krem serta semua jok sudah dilapisi kulit yang nyaman. Kemudian, jok dibaris kedua merupakan model captain seat. Baris kedua ataupun ketiga cukup nyaman untuk penumpang dewasa, apalagi Head room tidak ada masalah pada bagian ini.

Wuling Hongguang juga sudah dilengkapi dengan lampu kombinasi bohlam serta proyektor. Dibagian bemper juga sudah terdapat sepasang lampu kabut dengan desain trapesium. Gril juga sangat sederhana tidak begitu besar, serta dipisah garis dengan logo Wuling. Pada bagian belakangnya juga sama, mempunyai desain modern dengan lampu mendatar.

Mesin

Nah untuk sektor dapur pacu dari Wuling Hongguang ini akan hadir dalam dua tipe yakni yang berkapasitas 1,2 liter serta 1,5 liter. Untuk yang mesin 1,2 liter mempunyai 16 katup DOHC yang mampu menghasilkan tenaga 84,4 Tk diputaran 6.000 rpm serta mempunyai torsi maksimum 108 Nm diputaran 4.000 rpm. Kemudian untuk yang berkapasitas 1,5 liter DVVT L4 16 katup DOHC yang mampu menghasilkan tenaga 110 Tk diputaran 5.800 rpm serta torsi 146,5 Nm diputaran 3.600-4.000rpm.

Sedangkan untuk harga Wuling Hongguang, dinegara asalnya (China) mobil ini dibanderol dengan harga 60.000 hingga 69.000 yen, jika dirupiahkan sekitar Rp126-144 juta. Ya tentu harga ini tidak bisa dijadikan patokan harga di Indonesia nantinya.

Reply

%d blogger menyukai ini: