Advertisements
no comments

10 Fakta Menarik Di MotoGP Qatar 2017

Adhikarta.net – 10 Fakta menarik di MotoGP Qatar 2017. Seperti biasanya, Grand Prix Qatar merupakan tanda pertarungan pembalap MotoGP mulai bersaing di musim ini. Di sirkuit Losail sudah menjadi langganan dilangsungkannya race perdana MotoGP sejak tahun 2007.

Di musim 2017 ini, balapan MotoGP masih sama seperti musim sebelumnya yakni memakan 18 seri balapan. Yang dimulai sejak tanggal 26 Maret hingga berakhir tanggal 12 November 2017 di sirkuit Valencia, Spanyol.

Lanjut, melihat dari sejarah sirkuit Loasail, Qatar. Sirkuit ini dibangun dalam waktu yang tidak lama yakni sekitar satu tahun. Pengerjaan sirkuit ini dilaksanakan pada tahun 2003 tepatnya bulan Oktober dan memakan dana sekitar Rp 522 miliar yang membutuhkan pekerja sebanyak seribu orang.

Dan pada tahun 2004 menjadi tahun pertama Qatar menjadi tuhan rumah MotoGP setelah tata letaknya disetujui oleh Komisi Keselamatan MotoGP yang terdiri dari Valentino Rossi, Sete Gibernau, Kenny Roberts jr, serta Nobuatsu Aoki. Yap itulah sedikit sejarah mengenai sirkuit ini sehingga sampai sekarang bisa menyelenggarakn Race MotoGP. Dan berikut 10 fakta menarik dari MotoGP Qatar, simak masbro..

  1. Dibulan maret ini, Qatar mengalami musim hujan dengan total 16,1 mililiter curah hujan. Dan diprediksi pada saat pagelaran MotoGP bakal turun hujan cukup lebat. Ternyata benar terbukti, akibatnya tidak ada sesi kualifikasi dan hasil FP jadi penentu posisi star. Selain itu, Race juga sempat delay beberapa menit.
  2. Pada tahun 2004 hingga 2007, Qatar menyelenggarakan Grand Prix pada siang hari dengan suhu trek rata-rata 45,5ÂșC.
  3. Dan balapan pertama yang diselenggarakan di Qatar berlangsung pada tanggal 9 Maret 2008. Sejak saat itu, untuk bisa menerangi lintasan disediakan lebih dari 40 generator untuk menyediakan listrik yang dialirkan ke 3.600 lampu sorot, menerangi 3.000 rumah, 70 lapangan sepak bola, dan jalan perumahan dari Doha ke Moskow.
  4. Berhubung sebagian besar masyarakat Qatar adalah muslim, ritual yang pembalap lakukan di atas podium yakni tanpa alkohol.
  5. Yamaha menjadi tim pabrikan paling sukses di kelas MotoGP selama penampilannya di Losail, Yakni mampu menang 8 kali termasuk kemenangan Vinales beberapa jam lalu.
  6. Sedangkan Honda, telah mencatat kemenangan di Qatar sebanyak tiga kali. Dimana kemenangan terakhir diraih Marquez pada tahun 2014.
  7. Pembalap yang paling sering menang di Losail yakni Jorge Lorenzo dengan total kemenangan enam kali di semua kelas, MotoGP tiga kali, 250 cc dua kali, dan 125 cc satu kali.
  8. Melalui Casey Stoner, Ducati pernah menang tiga kali berturut-turut yakni pada tahun 2007 sampai 2009.
  9. Rossi berhasil mencatat rekor sebagai pembalap tertua yang berhasil naik podium di kelas utama.
  10. Vinales berhasil mencatatkan namanya sebagai pembalap keempat dalam sejarah Grand Prix yang mampu memenangi balapan kelas utama bersama dua tim pabrikan berbeda.

Nah itulah tadi beberapa fakta menarik yang terjadi di Grand Prix Qatar 2017. Jangan lupa dua minggu lagi MotoGP Argentina, catat jadwal MotoGP 2017 supaya tidak terlewat dengan keseruannya.

Advertisements

Reply

%d blogger menyukai ini: