Advertisements

5 Wisata Di Ketinggian Kulon Progo Ini Wajib Anda Kunjungi Jika Berlibur Ke Yogyakarta

Adhikarta.net – 5 Wisata di ketinggian Kulon Progo. Berwisata merupakan hal yang cukup menyenang apabila dilakukan bareng-bareng. Misalnya dengan keluarga, teman, atau pacar kalian. Nah kali ini saya akan membahas mengenai wisata alam yang ada di Kulon Progo. Mungkin dari kalian udah tahu beberapa wisata alam yang cukup terkenal di Kulon Progo, yup misalnya wisata Kali Biru nanti kita bahas.

Kenapa sih kita meski berwisata? Pentingkah itu!? Yaa cukup penting, sebab dengan berwisata kita mendapatkan banyak manfaat. Ya walaupun cukup lelah tapi fikiran kita menjadi tenang atau meRefres kembali otak yang lelah dengan segudang kesibukan yang di jalani, entah itu urusan pekerjaan atau tugas kuliah yang banyak.

Terlepas dari itu, ada manfaat lainnya bagi orang lain juga. Jadi kalau kita berkunjung ke tempat wisata berarti kita turut membantu masyarakat pengelola obyek wisata untuk meningkatkan pendapatan mereka, jadi kan simbiosis mutualisme atau saling menguntungkan.

Kembali ke topik pembahasan, berikut ini 5 wisata di ketinggian di Kulon Progo yang wajib anda kunjungi jika berlibur ke Yogyakarta.

Wisata Kali Biru

5 Wisata Di Ketinggian Kulon Progo Ini Wajib Anda Kunjungi Jika Berlibur Ke Yogyakarta

wisata kali biru, via: @yohandwik

Wisata alam kali biru adalah perbukitan menoreh yang cukup indah dengan pemandangan alam yang masih hijau membuat mata kita betah memandangi keindahannya. Di tambah lagi warga sekitar yang sangat ramah membuat pengunjung semakin betah berada di wisata kali biru ini.

DI tempat ini juga cukup lengkap fasilitasnya, seperti gardu pandang untuk melihat pemandangan, gedung atau rumah untuk mengadakan pertemuan, ada fly over juga, kemudian yang cukup menarik yakni rumah pohonnya.

Nah di rumah pohon tersebut kita bisa menyewa jada photograper untuk memfoto kita ketika berada di atas rumah pohon tersebut.

Untuk menuju wisata ini, sangat mudah untuk dijangkau berbagai macam kendaraan. Tapi anda harus berhati-hati, sebab rutenya cukup menantang. Pastikan kendaraan yang anda pakai benar-benar dalam kondisi prima supaya tidak terjadi hal-hal yang diluar dugaan.

Baca juga:Wisata Alam Kali Biru Kulon Progo 

Puncak Suroloyo

5 Wisata Di Ketinggian Kulon Progo Ini Wajib Anda Kunjungi Jika Berlibur Ke Yogyakarta

puncak suroloyo. via: @pesonajogja

Untuk bisa mencapai ke puncak suroloyo anda harus melewati medan yang sangat ekstrim dengan tanjakan dan turunan yang tajam memaksa anda harus fokus untuk mengendarai kendaraan anda. Memang kendaraan yang anda gunakan harus dalam kondisi yang sangat baik, dan di dukung dengan skil mengemudi yang fasih.

Namun perjuangan anda menuju puncak suroloyo akan terbalaskan dengan pemandangan yang sangat mengagumkan. Nah untuk menuju ke puncak tertingginya kita harus menaiki tangga, pokoknya harus semangat 45 lah.

Ketika berada di puncaknya kita bisa melihat candi borobudur yang di kelilingi beberapa gunung yaitu Merapi, Merbabu, Sundoro, serta sumbing.

Di waktu tertentu, puncak suroloyo bakal di padati pengunjung yakni tepatnya pada malam 1 suro atau 1 Muharram. Kenapa pada malam 1 suro? Sebab di hari tersebut bakal di lakukan upacara “Jamasan” pusaka Tombak Kyai Manggolo Murti serta Songsong Manggolo Dewo yang berada di sendang kawidodaren yang terletak sekitar 300 meter dari puncak.

Selanjutnya, untuk wisata alam puncak suroloyo ini berada di dusun keceme, desa gerbosari, kecamatan samigaluh, kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta.

Kebun Teh Nglinggo

5 Wisata Di Ketinggian Kulon Progo Ini Wajib Anda Kunjungi Jika Berlibur Ke Yogyakarta

kebun teh nglinggo. via: @damianusan

Selanjutnya yakni kebun teh nglinggo, wisata ini berada di dusun nglinggo, desa nglinggo barat, pagerharjo, samigaluh, kulon progo. Sesuai dengan namanya wisata ini merupakan perkebungan teh yang masih termasuk dalam perbukitan menoreh.

Jika anda berkunjung ke tempat ini, anda bisa menikmati indahnya perbukitan menoreh dan jika anda beruntung bisa juga melihat para petani sedang memetik daun teh. Kemudian fasilitasnya juga cukup lengkap, ada tempat untuk bersantai bersama keluarga, warung, toilet, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Puncak kebuh teh nglinggo samigaluh Kulon Progo

Gunung Ijo Kulon Progo

5 Wisata Di Ketinggian Kulon Progo Ini Wajib Anda Kunjungi Jika Berlibur Ke Yogyakarta

gunung ijo. via: @arwiba

Gunung ijo merupakan puncak pegunungan menoreh yang berada di perbatasan Kulon Progo dengan Purworejo. Namanya juga wisata di ketinggian Kulon Progo, sama seperti wisata lainnya untuk mencapai ke tempat ini harus menempuh rute yang cukup menantang juga.

Ketika berada di puncak gunung ijo kita akan disuguhkan pemandangan yang sangat mengagumkan, kita bisa juga melihat waduk sermo serta hamparan pegunungan lainnya. Apabila cuaca sangat baik kita bisa juga melihat beberapa gunung di sekitar Yogyakarta, seperti merapi, merbabu, dan lainnya. Bahkan kabarnya, anda juga bisa melihat deratan pantai selatan Yogyakarta. Hemm.. cukup menarik

Puncak Widosari

5 Wisata Di Ketinggian Kulon Progo Ini Wajib Anda Kunjungi Jika Berlibur Ke Yogyakarta

puncak widosari. via: @ids_ids

Pembahasan mengenai wisata di ketinggian kulon progo yang terakhir yakni puncak widosari. Wisata ini masih termasuk dari gugusan pegunungan menoreh. Ketika anda berada di puncaknya, anda akan di suguhkan dengan hamparan dekorasi alam yang sangat menggoda mata untuk berlama-lama berada di tempat ini.

Hati-hati bagi anda yang ingin mendekati batu tersebut, sebab banyak jurang yang sangat membahayakan. Kemudian berhati hatilah jika ingin berfoto, pilihlah tempat yang benar-benar aman untuk berfoto.

Nah itulah tadi beberapa wisata di ketinggian kulon progo yang wajib anda kunjungi jika berlibur ke yogyakarta, semoga bermanfaat.

Advertisements

5 Comments

Reply

%d blogger menyukai ini: