Advertisements
no comments

Apa sebenarnya fungsi winglet pada MotoGP

Apa sebenarnya fungsi winglet pada MotoGP

Winglet MotoGP

Adikarta.net, Fungsi winglet pada motor yang di gunakan di ajang balap MotoGP. Awal motoGP ini saya kurang menyadari adanya ujung runcing pada motor di MotoGP, setelah beberapa waktu saya yang orang ndeso isi bertanya-tanya. Itu sebenarnya apa to? Kok kayak mainan crush gear.

Setelah mencari-cari di situs berita akhirnya ketemu juga, ternyata namanya winglet ? Terus timbul pertanyaan baru, sebetulnya itu gunanya buat apa? Apakah hanya buat asesoris? Kalaupun buat asesoris tapi kok lucu. Dari pada menduga-duga mending cari tau saja kebenarannya.

Nah disimak lagi mazbro, ternyata sudah diberitakan oleh situs berita detik. Baiklah saya akan menceritakan kembali tapi versi saya ya?

Kegunaan winglet di motor MotoGP

Pada MotoGP, fungsi winglet yakni untuk meningkatkan downforce motor dan juga berfungsi sebagai anti wheelie yakni kondisi saat roda depan terangkat karena akselerasi dan kecepatan yang tinggi.

Sebenarnya motor-motor MotoGP sudah memiliki sistem anti wheelie, yaitu sebuah perangkat elektronik yang tugasnya untuk memotong tenaga. Sistem tersebut menghindarkan wheelie dengan cara mereduksi momentum ke arah depan, atau bisa dibilang merendahkan akselerasi motor.

Menurut ducati dengan mengunakan winglet ini lebih efektif. Karena keberadaan winglet juga sebagai anti wheelie, dan tanpa harus mereduksi tenaga motor. Intinya begini, wheelie tidak akan terjadi meski motor mengeluarkan tenaga yang besar karena sayap tersebut menghasilkan down force yang menahan roda tetap berada di aspal.

Keberadaan winglet selain mampu menghindari wheelie, gaya down force yang besar di roda depan diklaim mampu meningkatkan performa pengereman.

Akan tetapi untuk penggunakan winglet sudah dilarang untuk musim 2017. Sebab penggunakan winglet bisa membahayakan pembalap lain ketika saling bersaing di lintasan. Sering kita lihat sendiri bukan, bahwa para pembalap MotoGP kadang jaraknya salin berdekatan ketika bersaing dan salip menyalip.

Iya itulah tadi sedikit pembahasan tentang fungsi winglet pada MotoGP. Bagaimana pendapat anda?

Advertisements

Reply

%d blogger menyukai ini: