Advertisements
no comments

Bro, Ganti Warna Lampu Kendaraan Ada Aturane Jadi Ojo Waton…

Adhikarta.net – Akhir-akhir ini banyar berita bertembaran di media sosial dimana kepolisian tengah gencar menetripkan lampu strobo, rotator serta sirine (Lah Ambulan gimana), selaw yang diincar yakni kendaraan yang memasang asesoris tersebut tidak sesuai peruntukannya. Ojo waton pasang asesoris tersebut, ada aturannya loww…

Hal ini sesuai dengan Undang-undang No 22 tahun 2009 tentang lalu lintas angkutan jalan, sudah diatir mengenai peruntukan rotator ini. Pada pasal 59 ayat 5 sudah diatur mengena lampu biru dan sirine digunakan untuk mobil petugas Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Kemudian untuk lampu merah dan sirine digunakan untuk mobil tahanan, pengawal Tentara Nasional Indonesia, Pemadam Kebakaran, ambulans, palang merah, dan kendaraan jenazah.

Dan untuk lampu kuning tanpa sirine digunakan untuk mobil patroli jalan tol, pengawasan sarana dan prasarana Lalu lintas dan Angkutan jalan, perawatan dan pembersihan fasilitas umum, menderek kendaraan, dan angkutan barang khusus.

Selain itu, terdapat peraturan pemerintah nomor 55 tahun 2012 tentang kendaraan. Diatur pada pasal 23 dielaskan mengenai sistem warna lampu yang digunakan pada kendaraan. Misalnya lampu utama dekat berwarna putih atau kuning muda.

kemudian, diatur mengenai lampu utama jauh berwarna putih atau kuning muda. Lampu penunuk arah berwarna kuning tua, dengan sinar kelap kelip, atau biasa kita kenal lampu reteng atau lampu sein 😀

Aturan lampu rem yakni berwarna merah. Lampu posisi depan berwarna putih atau kuning muda. Lampu posisi belakang berwarna merah. Lampu mundur berwarna putih atau kuning muda, kecuali untuk sepeda motor.

Lampu penerangan Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) dibagian belakang berwarna putih. Lampu isyarat peringatan bahaya berwarna kuning tua, dengan sinar kelap-kelip.

Lampu tanda batas dimensi kendaraan bermotor, berwarna putih atau kuning muda, untuk kendaraan bermotor yang mempunyai lebar lebih dari 2.100 mm untuk bagian depan, dan berwarna merah untuk bagian belakang. Alat pemantul cahaya berwarna merah, yang berada di sisi kiri dan kanan bagian kendaraan bermotor.

Nah itulah, mengenai warna lampu untuk kendaraan itu sudah ada aturannya yakk jadi ojo waton. Nah itulah aturan warna lampu kendaraan, jadi kendaraanmu udah sesuai belum lapunya?

Advertisements

Reply

%d blogger menyukai ini: