Advertisements

Begini Cara Aprilia Mengakali Larangan Winglet Pada MotoGP

Adhikarta.net – Desain winglet baru pada MotoGP. Seperti yang kita tahu bahwa penggunaan winglet di MotoGP 2017 ini sudah dilarang dikarenakan dapat membahayakan pembalap lain ketika terjadi insiden yang melibatkan dua pembalap atau lebih.

Nah maka dari itu para pabrikan peserta MotoGP memutar otak untuk mencari solusi pengganti winglet tapi juga mempunyai fungsi sama yakni anti wheelie atau roda depan terangkat saat berakselerasi. Pabrikan yang pertama menemukan alternatif winglet yakni dari tim Yamaha Movistar.

Ya walaupun sempat ada sedikit isu yang mengatakan bahwa pihak MotoGP menganakemaskan tim Yamaha, namun hal tersebut dibantah direktur teknis MotoGP Danny Aldridge. Menurutnya winglet buatan Yamaha tersebut bukan merupakan pelanggaran, sebab mempunyai desain yang masuk ke dalam.

Menurut Danny penggunaan winglet yang melanggar aturan yakni dimana winglet mempunyai tonjolan dimotor yang berbeda serta mempunyai sudut hingga 90 derajat. Jadi winglet pada motor Rossi dan Vinale tersebut tidak melanggar aturan.

Nah berawal dari situlah kemudian pabrikan lain seperti Aprilia mengikuti jejak dari tim Yamaha tersebut. Tim Aprilia baru mulai mencoba winglet barunya pada saat tes pra musim MotoGP 2017 di sirkuit Phillip Islan, kamis (16/2/17).

Begini Cara Aprilia Mengakali Larangan Winglet Pada MotoGP

Jadi, sebagai alternatif winglet tim aprilia menggunakan desain fairing yang baru. Dimana desain fairing tersebut hampir menyerupai serta mempunyai fungsi yang sama dengan winglet. Meskipin ide dari Yamaha dan Aprilia yakni sama untuk meningkatkan aerodinamika, tapi desain dari kedua pabrikan tersebut berbeda. Sebab, air intake sayap Aprilia mempunyai ukuran yang lebih besar dari Yamaha, kemudian letaknya juga berbeda dimana punyai Aprilia mempunyai letak lebih tinggi hanya berjarak beberapa sentimeter dari stang.

Namun sang pembalap Aprilia yakni Aleix Espargao masih belum terbiasa dengan desain fairing barunya tersebut. Walaupun Espargao mengakui kemampuan fairing 50% mirip dengan winglet, tapi ia merasa aneh dengan desain fairing baru tersebut.

Pernyataan Espargao tersebut kemudian dibantah oleh Romano Albesiano selaku Manajer Teknik Tim Aprilia. Menurutnya hal tersebut cukup wajar, sebab Espargao baru kali pertama menggunakan desain fairing baru tersebut.

Belum dijelaskan apakah desain fairing baru Aprilia ini bakal dipertahankan atau malah diganti dan didesain ulang? Sebab adanya perbedaan pendapat antara pembalap dan anggota tim lainnya. Menurut anda bagaimana masbro? Baca artikel menarik lainnya Spesifikasi Dan Harga New MV Agusta Brutale 800 dan 3 Motor Honda Termahal Di Indonesia

 

Advertisements

2 Comments

Reply

%d blogger menyukai ini: