Advertisements
no comments

Ciri Kampas Mobil Habis Dan Wajib di Ganti

Adhikarta.net – Seperti yang kita ketahui bahwa kampas rem mobil merupakan komponen yang sangat penting yang harus di perhatikan. Tanpa adanya dukungan performa yang mumpuni pada piranti tersebut, pengendara tidak akan merasa nyaman serta aman dalam melakukan perjalanan.

Selain itu, pengendara harus tahu usia serta daya tahan dari kampas rem mobil tersebut. Apabila kempas rem mulai habis bisa membahayakan pengemudi karena sulit untuk menghentikan laju kendaraannya.

Akibat lain dari kampas rem mobil yang habis yakni bisa merusak cakram rem. Nah agar bisa mengetahui bahwa kampas rem mulai aus atau habis sebenarnya anda dapat merasakannya langsung ketika melakukan pengereman. Nah berikut kami rangkum dari berbagai sumber mengenai ciri kampas mobil habis dan wajib di ganti.

1. Kedalaman Rem

Ini ciri yang sangat mudah untuk anda rasakan, jika anda mulai merasa bahwa pijakan rem semakin dalam dan jauh dari biasanya, itu merupakan salah satu kampas rem mobil telah aus serta berkurang.

2. Rem Bergetar

Pada saat anda mengendarai mobil di kecepatan tinggi lalu anda menginjak rem dan merasakan adanya getaran pada pedal rem. Bisa jadi itu ciri kampas rem mobil anda sudah mulai habis. Getaran tersebut muncul karena terjadinya gesekan dengan kampas, karena permukaan kampas yang sudah habis itu tidak lagi rata. Maka dari itu, ketika kampas bergesekan dengan cakram timbulah getaran tersebut yang kemudian terasa hingga ke pedal rem. Kalau semakin parah bisa sampai ke setir mobil.

3. Terdengar Suara Saat Pengereman

Pada saat anda melakukan pengereman lalu terdengar suara seperti gesekan logam, bisa jadi itu ciri kampas mobil anda mulai habis. Sebab, komponen kampas rem pasti menyisakan bagian besinya. Nah jadi cakram ketemu besi saling bergesakan, maka timbulah suara.

4. Minyak Rem

Coba anda periksa minyak rem pada kap mobil. Apabila minyak rem turun tapi bukan karena kebocoran, kemungkinan kampas rem anda mulai habis.

Nah itulah beberapa tanda kampas rem mulai habis, jika anda menemui ciri-ciri seperti di atas sangat disarankan periksakan mobil anda ke bengkel supaya bisa ditangani dengan baik oleh ahlinya. Tapi kalau anda punya keahlian serta alat yang mendukung bisa memeriksanya sendiri di rumah. Nah jika masalah terselesaikan berarti harus pintar-pintar merawatnya supaya kampas rem mobil lebih awet.

Cara Merawat Kampas Rem mobil Supaya Awet

Setelah membahas mengenai ciri-ciri kampas mobil yang mulai habis, kini mari kita bahas bagaimana cara merawat kampas rem mobil agar awet, Berikut caranya:

  • Satu minggu sekali periksa kondisi minyak rem supaya tidak kosong. Jika terjadi pengurangan minyak rem yang tidak wajar, sebaiknya cek apakah terdapat kebocoran pada selang minyak rem mobil anda.
  • Untuk rem cakram, lepas kampas rem dari dudukan kemudian gunakan ampelas kasar dan kuas untuk membersihkan permukaannya. Kemudian gunakan pembersih karbon khusus rem (Brake Cleaner). Setelah itu berikan stempet, gemuk atau pelumas pada besi penahan di bagian belakang kampas rem. Lakukan dengan hati-hati, jangan sampai pelumas nempel di permukaan rem, nah setelah itu anda bisa pasang kembali kampas rem tersebut.
  • Untuk rem tromol, Lepas tutup tromol kemudian kemudian dibersihan. Yap caranya sama seperti diatas tadi.

Sangat disarankan untuk melakukan di bengkel langganan anda supaya bisa ditangani dengan baik, sekalian bisa konsultasi dengan mekanik yang sudah berpengalaman.

Sekedar informasi, dari berbagai sumber menyebutkan bahwa usia pakai kampas rem mobil matik hanya bisa menempuh jarak 34 sampai 40 ribu kilo meter. Angka tersebut berbeda jauh dengan kampas rem mobil manual yang bisa menempuh jarak 60 sampi 70 ribu kilometer. Oke demikian pembahasan kita kali ini, semoga bermanfaat dan Salam Satu Aspal Brather.

Advertisements

Reply

%d blogger menyukai ini: