Advertisements
no comments

Fakta-fakta Motogp Valencina hingga 2016 ini

Fakta-fakta Motogp Valencina hingga 2016 ini

Sirkuit Ricardo Tormo

Adhikarta.net – Hallo mazbro😊, mau share artikel lagi nih yakni tentang beberapa fakta Motogp Valencia hingga tahun 2016 ini. Akhir pekan ini Motogp akan mencapai seri terakhirnya yakni ser ke 18 yang akan di selenggarakan di Valencia, Spanyol.

Seperti yang kita ketahui bahwa Marc Marquez sudah menjadi juara dunia Motogp musim 2016. Jadi, balapan yang bakal di lakukan di sirkuit bernama Ricardo Tormo besok minggu (13/11/16) tidak akan bepengaruh dengan perebutan juara dunia Semantara itu, Valentino Rossi sudah mengamankan posisinya di peringkat ke dua.

Langsung saja mazbro, berikut ini benerapa fakta terkait race di Valencia yang dikutip dari situs resmi Motogp:

Pertama, Balapan kali ini akan jadi tahun ke 15 secara berturut-turut Valencina menggelar race terakhir dalam satu musim. Dengan begitu membuat Valencia sebagai sitkuit yang paling sering jadi tuan rumah di balapan terakhir. 😊

Kedua, Kenapa sirkuit Valencia di namai dengan Ricardo Tromo? Sebab ia adalah pembalap spanyol yang berhasil memenangi gelar juara dunia 50cc bersama tim bulcato di tahun 1978 serta 1981. Dalam karirnya balapan, tormo berhasil memenangi 15 balapan yakni di kelas 50cc serta 4 balapan di kelas 125cc. Karir tormo berakhir pada tahun 1984 di karenakan cidera pada kakinya ketika kecelakaan pada saat tes. Tormo tutup usia pada tahun 1998, akibat leukimia.

Ketiga, Dani pedrosa (Repsol Honda) merupakan pembalap paling sukses di sirkuit ini. Ia sudah memenangi balapan di Valencia sebanyak enam kali. Di kelas Motogp sebanyak tiga kali, dikelas 250cc dua kali, dan kelas 125cc satu kali. Dengan hasil tersebut Pedrosa berhasil mengungguli Casey Stoner dan Jorge Lorenzo, yang masing-masing tiga kali menang di Valencia.

Keempat, Pembalap asal Spanyol sudah delapan kali menang balapan kelas primer di sirkuit ini. Para pembalap tersebut yakni Sete Gibernau kelas 500cc bareng Suzuki pada tahun 2001, Pedrosa pada kelas Motogp pada tahun 2007, 2009, dan 2012, Jorge Lorenzo bareng tim Yamaha menang pada tahun 2010, 2013, dan 2015, kemudian yang terakhir yakni Marc Msrquez yang berhasil menang pada tahun 2014.

Kelima, Sejak tahun 2002 yakni ketika motor 4 tak mulai di pakai balapan, Honda menjadi tim yang paling sukses di Valencia dengab torehan delapan kali kemenangan. Disusul Yamaha dengan empat kali kemenangan, kemudian Ducati dua kali kemenangan.

Keenam, di lima tahun terakhir ini Andrea Dovizioso merupakan pembalap Ducati yang paling sukses di Valencia. Dovizioso finish ke empat di tahun 2014.

Ketujuh, Suzuki hanya sekali menempatkan pembalapnya di podium Valencia di era Motogo. Adalah John Hopkins yang berhasil naik podium dengan finis ketiga pada tahun 2007.

Kedelapan, Hanya sekali dalam balapan Motogp di valencia dimenangi pembalap yang tidak star di barisan depan. Adalah Marquez yang berhasil menang pada tahun 2014, kala itu ia menulai balapan dari posisi ke lima.

Kesepuluh, Valentino Rossi merupakan satu-satunya pembalap yang turun di 17 balapan sebelumnya di sirkuit Ricardi Tormo.

Kesebelas, pembalap luar Spanyol yang berhasil menang di Motogp Valencia yakni Casey Stoner, ia berhasil menang di sirkuit ini pada tahun 2012.

Last, di tujuh terakhir pembalap asal Spanyol paling tidak memenangi sath dari perlombaan di tiga kelas di Valencia. Nah, itulah beberapa fakta yang ada di Valencia. Mungkin besok minggu akan ada fakta baru lagi? Kita lihat saja besok mazbro 😀.

Advertisements

Reply

%d blogger menyukai ini: