Advertisements
no comments

Presiden Joko Widodo dijadwalkan akan meletakan batu pertama pembangunan New Yogyakarta International Airpot (NYIA)

Adhikarta.net – Jumat 27 Januari 2017, Presiden Joko Widodo dijadwalkan akan meletakan batu pertama pembangunan New Yogyakarta International Airpot (NYIA) di Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Dimana bandara Internasional tersebut ditargetkan mulai bisa beroperasi tahun 2019 mendatang.

Direktur Utama PT Angkasa Pura I Danang S Baskoro, seperti dikutip dari ekbis.sindonews.com mengatakan bahwa adanya peletakan batu pertama (ground breaking) merupakan penanda pembangunan bandara telah di mulai.

Setelah peletakan batu pertama, kata Danang yang harus diselesaikan sesegera mungkin yakni analisis mengenai dampak lingkungan (AMDAL), untuk kemudian dilanjutkan ke proses pembangunan landasan pacu (Runway) dengan panjang 3.600 meter dikerjakan. Begitu uga dengan pembangunan pelataran pesawat (aspron) sampai terminal dikebut.

Bandara yang akan dibangun ini merupakan murni untuk komersial buak untuk latihan TNI AU. Dia yakin pembangunan bandara bisa diselesaikan sesuai target yakni tahun 2019 sudah bisa beroperasi. Dan jika sudah beroperasi bakal menjadi sesuatu yang luar biasa.

Menurutnya, saat ini sudah ada permintaan tiga maskapai dari Timur Tengah. Dengan begitu mereka tidak lagi transit ke Singapura, akan tetapi bisa langsung ke Yogyakarta.

Jika bandara di Kulon Progo ini sudah beroperasi, maskapai dari negara-negara di Eropa bisa langsung mendarat di Yogyakarta. Yang mana sebelumnya mereka harus mendarat dulu di Bali.

Dikabarkan kedatangan Presiden ke Kulon Progo juga di dampingi beberapa mentri dan pejabat. Diantaranya Menteri Sekretaris Negara, Menteri Perhubungan, Menteri BUMN, sampai Gubernur DIY dan lainnya.

Rencananya Jokowi akan mendarat di Bandara Adi Sucipto, setelah itu menuju Kulon Progo menggunakan helikopter Super Puma dan mendarat di Alwa (alun-alun wates).

Sesampainya, Jokowi akan transit sebentar di Rumah Dinas Bupati Kulon Progo. Nah setelah itu barulah Jokowi beserta rombongan menuju acara peletakan batu pertama di Desa Jangkaran, Temon, melalui jalur darat.

Advertisements

Reply

%d blogger menyukai ini: