Advertisements
no comments

Kenapa Ya Koneksi Wifi ku Lambat, Piye Cara Mengatasinya?

Adhikarta.net – Internet sungguh menjadi hal yang tidak bisa ditinggalkan, sama halnya meninggalkan kamu yang teramat sangat beratt seberat beratnya. Nah admin mau sdikit membahas mengenai koneksi nirkabel WiFi yang buruk nih, bagaimana ya cara mengatasinya? Yawes yuk kita bahas, sederhananya saja…

Kalau koneksi WiFi dirumahmu lemot yawes jangan panik, jangan-jangan belum bayar tagihan lagi kwkwk… gak gakk bercandaa… Coba cek dulu router yang kamu pakai. Sebab posisi sampai pengaturan router ini berpengaruh loh dengan kuat atau lemahnya sinyal WiFi.

Jadi kita fokus ke routernya nih ceritanya hehe… Nah pada saat kamu cek router pastikan kamu coba 10 langkah sederhana ini. Langkah ini bukan real dari admin semua loh, melainkan dikutip dari Kompas, Lha admin juga lagi belajar kok wkwk… 😀

Cek posisi router

Kesannya mengecek posisi router merupakan hal sepela ya, padahal efeknya bisa besar loh… Masaa??? yeee dibilangin juga… Kera router yakni untuk mengirimkan sinyal ke semua arah. Maka dari itu letakkan router ditengah ruangan saja yakk…

Hindari meletakan di dekat jendela, nantinya sinyalnya keluar dan diembat tetangga (kalau tau passwordnya) wkwk….

Jangan Letakan router dilantai

Lebih baik letakkan ditempat yang agak tinggi, di meja atau lemari misalnya. Dengan posisi yang tinggi akan menguntungkan, karena router dirancang untuk mengirimkan sinyal ke bawah. Untuk diketahui, kalau router ditaruh dilantai sinyal wifi akan sulit menembus lantai yang mengandung semen, beton, dan logam.

Pilih tempat terbuka

Banyak sekali bahan yang bisa menyerap sinyal router dan mengurangu kineranya. Untuk menjaga sinyal tetap optimal, alangkah baiknya untuk tidak meletakkan router diantara mebel berukuran besar dan dinding, atau dalam lemari. Taruhlah ditempat terbuka yang bebas himpitan dan membuat router tersebut bisa terlihat dari manapun.

Jauhkan dari elektronik lain

Hal ini juga perlu dilakukan karena perangkat apapun yang menghasilkan sinyal elektromagnetik bisa menganggu serta melemahkan sinya WiFi. Tapi admin kurang yakin juga sih dengan hal ini, soalnya punnyaku tetap ngebut kok kayak di bore up 20000cc wkwkw

Atur antena tetap berdiri

Posisikan antena router vertikal supaya sinyal yang terpancar menjadi horizontal, dengan begitu sinyal WiFi bisa menjagu ke penjuru nusantara ehh ruangan maksudnya.

Cek kekuatan sinyal

Pada cara ini kamu bisa menggunakan aplikasi, seperti cloudcheck atau amped yang bisa digunakan untuk kepeluan cek kekuatan sinyal. Pada saat mengecek sinyal, kamu bisa memetakan bagian mana yang menerima sinyal kuat dan mana yang lemah.

Atur piranti lunak router

Kamu juga bisa kok mempercepat koneksi WiFi dengan memasukan pengaturan tertentu ke piranti lunak router. Akses menuju piranti lunak ini bisa dibuka melalui IP khusus. Kamu bisa cek pada bagian bawah router atu pada panduan yang disertakan didalam boks.

Carane… masuk ke menu pengaturan, ubah channel frekuensi router tersebut. Umumnya ada 14 channel yang bisa kamu pilih, pilihlah yang menurut kamu baik dan bisa diajak serius,,, Lohhh…. 😀 Channel terbaik biasanya adalah 1, 6, dan 11. Kenapa? Channel tersebut cenderung minim gangguan karena arang bersinggunang dengan lawan politiknya channel yang digunakan orang lain.

Selain pengaturan channel, kamu bisa cek juga pemutakhiran firmware. Umunya pembuatan router akan mengeluarkan pemutakhiran firmware untuk memperbaiki kinerja perangkatnya.

Lakukan tes kecepatan

Lakukan tes kecepatan untuk mengetahui letak masalah koneksi kamu. Pertama, cobalah melakukannya dengan koneksi WiFi, kemudian lakukan hal serupa menggunakan koneksi kabel. Apabila keduanya sama-sama buruk, berarti masalah ada pada penyedia layanan internet kamu… 😀

Beli router baru

Ini langkah terakhir atau bisa dibilang jalan pintas dianggap pantas. Hal ini ditempuh karena bila semua cara sudah dicoba dan kamu sudah memastikan masalah bukan berasal dari penyedia layanan internet..

Okeee demikian lah sedikit sharing mengenai cara mengatasi koneksi wifi lemot, atau lambat kayak siput. Sekian dan terimakasih… salam wkwk 😀

Advertisements

Reply

%d blogger menyukai ini: