Advertisements
no comments

Kreativ! Mahasiswa Ini Berhasil Merubah Honda Civic Jadi Mobil Otonomos

Adhikarta.net – Selalu ada hal-hal menarik yang terjadi di belahan bumi bagian sana. Kali ini datang dari seorang Mahasiswa University of Nebraska yang berhasil mengkonversikan Honda Civic jadi mobil otonomos. Nah, mobil otonomos yakni mobil yang bisa berjalan sendiri. Keren bukan…!

Diberitakan, untuk memodifikasi mobilnya sedemikian rupa Mahasiswa ini menghabiskan total dana US$700 kalau dirupiahkan sekitar Rp9,3 jutaa. Ia menghabiskan uang yang tidak sedikit tersebut yakni untuk membeli berbagai perlengkapan perangkat otonomos termasuk juga perangkat lunak yang ia download di internet. Ia mendapatkan berbagai perlengkapannya tersebut dari startup yang bernama Commai.ai.

Hal ini bermula tahun lalu tepatnya bulan November. Sang pendiri Commai.ai yakni George Hotz merilis sebuah desain perangkat lunak serta keras secara gratis. Perangkat tersebut apabila di aplikasikan ke mobil maka dengan sendirinya mobil mampu berjalan tanpa adanya pengemudi.

Nah ketika peluncuran tersebut, dimanfaatkan oleh mahasisfa tersebut yang bernama Jorgensen untuk memesan semua perangkat yang diperlukan. Kebetulan mobil yang ia miliki yakni Honda Civic tahun 2006 termasuk dalam model yang cocok dengan perangkat buatan Comma.ai.

Ia kemudian menjajal mobil yang performanya telah ditingkatkan itu pada akhir Januari lalu. Saat itu ia menguji cobanya di jalan tol, malam-malam.

Mulai dari situlah, ia berhasil membuat mobil otonomosnya dengan modal 9 jutaan. Dengan berbagai percobaan akhirnya berhasil. Sementara itu, George yang mendesain perangkat lunak dan keras tadi mendapat teguran dan peringatan dari National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA), karena perangkat yang George buat dianggap berbahaya bagi keselamatan berkendara.

Advertisements

Reply

%d blogger menyukai ini: