Advertisements
no comments

Mau Beli Motor Bekas? Baca Tips Berikut ini Agar Tidak Tertipu

Adhikarta.net – Tips beli motor bekas. Keberadaan kendaraan roda dua kini semakin banyak, hampir semua kalangan mempunyai kendaraan ini. Dengan meningkatnya populasi kendaraan bermotor, dipastikan angka penjualan motor bekas pasti juga meningkat. Mungkin anda tengah mencari motor bekas dengan harga yang tentu lebih murah dari harga barunya? Alangkah baiknya baca beberapa tips berikut ini supaya anda tidak tertipu dengan body yang terlihat mulus.

Demi mendapat keuntungan lebih, terkadang ada juga penjual motor yang memoles dagangannya sehingga mampu menutupi segala kekurangan produknya dan akibatnya harga juga menjadi tidak wajar. Wajarlah namanya juga penjual, kan cari keuntungan bukan kerugian. Kalau cari rugi mana bisa jalan usahanya, ya paling tidak kita bisa tahu sehingga bisa menawar dengan harga yang sesuai dengan kondisi motor yang akan dibeli agar tidak mengeluarkan biaya berlebih dikemudian hari. Oke, berikut beberapa tips sederhana yang bisa anda terapkan ketika hendak membeli motor bekas.

Tentuka motor yang bakal anda beli

Soal ini pasti anda sudah ada bayangan motor mana yang bakal anda beli entah itu motor sport, bebek, atau skutik. Lebih baik sesuaikan dana yang anda miliki sehingga terasa lebih ringan. Nah apabila budget anda terbatas yawes jangan ambil motor yang mahal, tapi jika budget anda berlebih bebas memilih, kalau dana berlebih mending beli yang baru sekalian.. ya kan…? hehehe…. 😀

Cari Tahu Harga Pasaran

Nah sebelum anda mendatangi penjual sepeda motor, anda bisa cek dulu harga motor yang hendak anda pilih. Bisa cek disitus-situs jual beli online ataupun dimana saja. Ini bertujuan supaya anda bisa tahu harga tersebut apakah wajar segitu, ataupun harganya terkadang naik turun. Apabila motor pilihanmu masih cukup mahal, bisa beralih ke tahun yang lebih tua… biasanya harganya lebih murah. Tapi kalau cari yang klasik-klasik kemungkinan mahal hehehe….

Pilih Penjual Yang Punya Reputasi Baik

Tips beli motor bekas selanjutnya yakni pilihlah penjual yang mempunyai reputasi baik. Biasanya dealer motor bekas yang bonafid bisa anda percaya, sebab mereka mempunyai prosedur yang ketak ketika membeli motor bekas dari pemakaian/ pemilik pertama. Pinter-pinter dan teliti pokoknya…

Cek Surat kendaraan

Ini hal wajib yang perlu anda lakukan, motor harus ada kelengkapan surat-surat seperti STNK dan BPKB. Kemudian silahkan cek nomor rangka kendaraan, apakah sesuai dengan STNK atau tidak, apabila tidak dipastikan motor tersebut tidak aman atau bahkan hasil dari pencurian. Nah supaya lebih meyakinkan anda bisa cek keabsahan kendaraan melalui SMS center kepolisian, dengan format sebagai berikut:

  • Wilayah Jakarta anda bisa cek plat B dan BK, Ketik: Metro<spasi> nomor polisi kirim ke 1717, contohnya: Metro B1234KL
  • Jawa Timur, ketik: JATIM<spasi> nomor polisi kirim ke 1717
  • Jawa Barat, ketik: Poldajbr<spasi>nomor polisi kirim ke 3977
  • Jawa Tengah, ketik: Jateng<spasi> nomor polisi kirim ke 7070
  • Yogyakarta, ketik: DIY<spasi> nomor polisi kirim ke 9600

Nah kemudian, cek juga apakah pemilik sebelumnya telah membayar pajak atau belum. Hal ini penting supaya nantinya anda tidak berat ketika hendak membayar pajak. Kalaupun belum bisa di negosiasikan dengan si penjual supaya mendapat win win solusi. Nah tips beli motor selanjutnya yakni,

Cek Mesin Motor

Nah pertama-tama anda bisa cek terlebih dahulu oli pada motor yang hendak anda beli. Pastikan jumlah oli tidak berlebihan, sebab oli yang melebihi kapasitas bisa meredam suara mesin yang sebenarnya kasar atau bising. Pada penutup oli kan ada ukurannya, nah disitulah bisa jadi patokan anda seberapa banyak oli pada motor tersebut. Terkadang oli yang melebihi kapasitas bisa keluar ketika penutup oli dipasangkan kembali. Selanjutnya, anda bisa coba nyalakan mesin motor tersebut. Indra perasa dan pendengaran cukup diperlukan pada tahap ini guna memastikan motor benar-benar dalam kondisi baik. Nyalakan mesin tanpa di gas, setelah menyala jangan langsung di gas ya motornya, perhatikan apakah motor tetap bisa menyala ketika berada di di rpm rendah. Motor yang bermasalah biasanya tidak akan bertahan menyala/ langsam di putaran 1.500 rpm.

Mau Beli Motor Bekas? Baca Tips Berikut ini Agar Tidak Tertipu

Tes drive Sepeda Motor

Tips beli motor bekas selanjutnya yakni coba melakukan tes drive. Coba kendarai motor secara perlahan, nikmati prosesnya dan rasakan perpindahan gigi dari 1 ke 2 begitu juga seterusnya. Bagaimana rasanya, halus atau kasar ketika perpindahan gigi dilakukan. Apabila perpindahan gigi berasa kasar, kemungkinan kampas kopling mulai aus. Kemudian jika terdengar bunyi mendesir pada bagian rantai pada saat motor berjalan, kemungkinan gear motor minta ganti. Nah setelah melakukan tes drive beberapa saat, coba menepi dan cek pada blok mesin apakah ada rembesan oli atau bensin. Selain itu cek juga apakah ada kebocoran pada radiatornya. Supaya anda benar-benar yakin dengan motor yang hendak anda beli, tidak ada salahnya untuk melakukan tes drive lebih lama dan lebih jauh. Untuk meyakinkan pada pihak penjual, ajak aja untuk membonceng sekalian merasakan akselerasi motor ketika dibawa berboncengan. Yaa sekalian bahas-bahas tentang motor sambil negosiasi harga.

Pastikan Motor Bukan Bekas Kecelakaan

Hal ini bisa anda ketahui dengan mata telanjang, coba standar dua motor tersebut. Pastikan roda depan dan belakang dalam posisi sejajar sempurna. Kemudian perhatikan juga kesejajaran antara stang dengan body serta roda, pastikan juga rangka motor tidak ada yang bengkok. Nah setelah itu, jalankan motor dengan kecepatan sedang kemudian rem mendadak, hal ini untuk memastikan bahwa motor masih bisa dikendalikan. Apabila anda merasa kesulitan mengendalikannya, kemungkinan roda, stang, dan rangkanya tidak sejajar.

Oke masbro itulah tadi sedikit pembahasan mengenai tips beli motor bekas supaya tidak tertipu. Oiya, selain itu jangan lupa juga cek kelistriakan motor. Pastikan semua berfungsi dengan baik seperti lampu utama, starter, lampu sein, serta lampu rem. Pastikan juga spedometer berfungsi sebagaimana semestinya. Nah setelah anda menentukan pilihan motor yang bakal dibeli, langkah selanjutnya tinggal dihitung aja apa saja kekurangan motor tersebut, apa yang mesti diperbaiki atau diganti. Hal ini bisa menjadi bahan negosiasi harga dengan si penjual guna mendapat harga yang terjangkau dan sama-sama untung. Oke demikian pembahasan kali ini semoga bermanfaat, salam satu aspal brather.

 

Advertisements

Reply

%d blogger menyukai ini: