Advertisements
no comments

Mengenal Lebih Dekat Dengan Yamaha Vixion R 155 2017

Adhikarta.net – Beberapa waktu lalu PT Yamaha Indonesia motor Manufacturing (YIMM) telah merilis dua Vixion terbarunya, yakni all new Yamaha Vixion 150 dan Yamaha Vixion R 155. Peluncuran kedua motor sport naked Yamaha tersebut dilakukan pada ajang pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2017 di JIExpo Kemayoran, Jakarta.

Nah kali ini saya akan sedikit membahas mengenai spesifikasi Yamaha Vixion R 155 saja, sebab untuk all new Yamaha Vixion 150 spesifikasinya tidak jauh beda dengan yang terdahulu. Nah Yamaha Vixion 155 ini nantinya bakal bersaing dengan CB150R serta Suzuki GSX S-150.

Nampaknya naked bike terbaru Yamaha ini nantinya bakal menadi daya tarik tersendiri bagi para pecinta otomotif di Tanah Air. Sebab, motor yang mempunyai desain sporty dan futuristik ini hadir dibekali dengan spesifikasi yang lebih mumpuni dari jajaran Vixion Series. Apa saja keunggulan dari Yamaha Vixion 155 ini? Yuk disimak lagi masbro…

Desain

Nah melihat desain Yamaha Vixion R 155, Yamaha menghadirkan dengan balutan konsep sporty dan aerodinamis. Hal ini bisa anda lihat pada setiap sisi-sisi bodinya. Pada bagian depan saja sudah terlihat begitu agresif dengan dibekalinya headlamp berteknologi LED, yang mempunyai bentuk seperti huruf V. Selain itu, Yamaha Vixion R 155 juga telah dibekali dengan lampu hazard yapss sama halnya dengan all new Yamaha R15.

Kemudian pada bagian sampingnya juga tak kalah menarik. Bisa dilihat pada bagian tangki yang mempunyai kapasitas 11 liter ini di desain sangat sporty dengan lekukan-lekukan tajam. Kemudian dengan adanya under cowl yang terpasang di bawah tangki dengan rongga besar sangat berguna untuk memaksimalkan alirah angin pada saat Yamaha Vixion R 155 ini berakselerasi.

Bergerak ke sisi belakang, Yamaha Vixion R 155 dibekali dengan kursi yang empuk dengan bahan yang mempunyai kualitas tinggi. Hal ini mampu membuat pengendara maupun penumpang merasa nyaman ketika menaiki motor besutan Yamaha ini. Pada stop lamp Yamaha Vixion R 155 ini juga menggunakan teknologi LED yang cukup sporty dan mampu mengeluarkan cahaya yang cukup terang tapi tidak menyilaukan tentunya.

Mengenal Lebih Dekat Dengan Yamaha Vixion R 155 2017

Tampilan Vixion R155, foto: iwanbanaran

Speedometer

Spesifikasi Yamaha Vixion R 155 selanjutnya yakni pada sektor spedonya. Yamaha membekali motor ini dengan instrumen indikator yang begitu modern yang mengusung konsep panel full digital. Pada panel indikator ini akan menampilkan beberapa informasi mengenai kondisi sepeda motor seperti kecepatan, posisi gear, jarak tempuh, rpm, dan indikator bahan bakar.

Kemudian pada panel indikator bagian kanan uga disematkan lampu indikator berupa lampu sein serta lampu tempak. Dan pada sisi kiri akan ditampilkan lampu netral dan indikator oli dari Yamaha Vixion R 155. Dan pada sisi bawahnya disematkan dua tombol yakni tombol reset dan select. Kedua tombol ini mempunyai fungsi mengatur ulang spedometer serta jarak tempuh.

Mengenal Lebih Dekat Dengan Yamaha Vixion R 155 2017

Panel Indikator Vixion R 155, foto: iwanbanaran

Dimensi

Spesifikasi Yamaha Vixion R 155 ini hadir dengan rangka yang begitu kokoh dengan bentuk dimensi yang ideal. Guna memberikan pengalaman berkendara yang baik, Yamaha masih mempertahankan rangka delta box yang dikenal sangat kuat. Dimensi yang diaplikasikan pada Yamaha Vixion R 155 ini dinilai sangatlah pas dengan panjang 1.950 mm, lebar 720 mm, tinggi 1.025 mm serta jarak sumbu roda 1.32o mm.

Nah dengan dimensi Yamaha Vixion R 155 seperti itu dinilai sudah sangat ideal, dimana mampu memberikan keseimbangan serta posisi berkendara yang pas. Selain itu, jarak dengan tanah juga sangat pas dengan ukuran 165 mm. Dengan begitu tetap bisa berkendara dengan lancar meskipun melewati kondisi jalan yang tidak bagus.

Tinggi tempat duduk Yamaha Vixion R 155 yakni 795 mm juga sangat idel dengan rata-rata tinggi orang Indonesia, yang mana letak setang kemudi sejajar dengan tempat duduk. Maka dari itu, pengemudi tetap merasa nyaman meskipun membawa beban yang berat. Nah spesifikasi Yamaha Vixion R 155 pada sektor dimensi sudah sangatlah pas bukan?

Suspensi

Selain dibekali dengan dimensi yang pas, spesifikasi Yamaha Vixion R 155 ini juga sangat kokoh. Nah guna memberikan kenyamanan berkendara yang baik, Yamaha telah membekali motor ini dengan suspensi bertipe telescopic pada bagian depan. Kemudian pada bagian belakang mengandalkan tipe swing arm. Perpaduan kedua suspensi tersebut diyakini mampu memberikan keseimbangan yang maksimal pada motor terbaru Yamaha ini.

Kemudian, supaya Yamaha Vixion R 155 ini semakin nyaman ketika di kendarai. Yamaha telah membekali motor ini dengan velg berdiameter 17 inc dan dibalut dengan ban tubeles berukuran  90/80-17M/C untuk depan, dan untuk ukuran ban belakang Vixion R 155 yakni 130/70-17M/C. Keduanya dibekali dengan sistem pengereman disc brake yang mampu menciptakan keselamatan saat berkendara.

Mesin

Spesifikasi Yamaha Vixion R 155 ini sangat bisa diandalkan, seperti namanya bahwa motor ini dibekali dengan mesin 155,1 cc, SOHC 4 katup dan 4 langkah. Dengan spesifikasi mesin seperti itu, motor ini mampu menghasilkan tenaga mencapai batas titik maksimal 19,3 Hp (14,2 Kw) di putaran 10.000 rpm, serta mencapau titik puncak torsi sampai 14,7 Nm.

Selain itu, Yamaha Vixion R 155 juga dibekali dengan teknologi Variable Valve Actuation (VVA). Teknologi yang mampu menjaga tenaga serta torsi maksimum dan merata di setiap putaran mesin. Dengan begitu performa yang dihasilkan tetap stabil.

Spesifikasi Yamaha Vixion R 155 ini semakin ramah lingkungan dengan dibekalinya sistem bahan bakar fuel injection. Dengan begitu motor ini juga hemat konsumsi bahan bakar dengan perbandingan kompresi 11.6:1.

Spesifikasi Yamaha Vixion R 155
Mesin
Tipe Liquid cooled 4 stroke, SOHC, 4 valve, VVA
Silinder Single Cylinder
Diameter x Langkah 58 x 58.7 mm
Perbandingan Kompresi 11.6±0.4:1
Volume Silinder 155.1 cc
Daya Maksimum 14,2 kw @ 10.000 rpm
Torsi Maksimum 14.7 Nm @ 8.500 rpm
Sistem Starter Electrik Starter
Sistem Pelumasan Wet Sump
Sistem Bahan Bakar Fuel Injection
Tipe Kopling et Type Multi Plate Clutch, Assist and Slipper clutch
Tipe Transmisi Manual
Dimensi
P x L x T 1950 x 720 x 1025 mm
Jarak Sumbu Roda 1329 mm
Jarak Terendah 165 mm
Tinggi Jok 795 mm
Berat Isi 131 kg
Kapasitas Tangki 11 L
Kaki-Kaki
Tipe Rangka Deltabox
Suspensi Depan Teleskopic
Suspensi Belakang Swing Arm
Tipe Ban Tubeless
Ban Depan 90/80-17M/C 46P
Ban Belakang 130/70-17M/C 62P
Rem Depan & Belakang Disc Brake

Harga Yamaha Vixion R 155

Dengan spesifikasi yang lebih mumpuni tentu berpengaruh dengan harga Yamaha Vixion R 155. Yaps, Pihat Yamaha sendiri belum memberikan keterangan resmi soal harga dari motor naked terbarunya ini. Nah meskipun belum di beritahukan, melihat dari spesifikasi Yamaha Vixion R 155 yang lebih bagus daripada Vixion series tentu harganya menjadi lebih mahal. Untuk diketahui bahwa harag Vixion standar yang spesifikasinya dibaah Vixion R yakni sekitar Rp 26 jutaan, Nah kemungkinan untuk harga Yamaha Vixion R 155 ini sekitar Rp 30 jutaan.

Harga Yamaha Vixion R 155
Sekitar Rp 30.000.000

Mengenal Lebih Dekat Dengan Yamaha Vixion R 155 2017

Perlu anda ingat, bahwa harga yang disebutkan diatas merupakan harga perkiraan sebab pihak Yamaha sendiri belum mengumumkan secara resmi berapa harga dari Vixion R 155 ini. Kemudian untuk pilihan warna Yamaha Vixion R 155 ini hanya tersedia dalam satu warna saja yakni Merah. Oke demikian sedikit pembahasan mengenai spesifikasi dan harga Yamaha Vixion R 155, semoga bermanfaat. Untuk informasi harga resmi, nanti kami update kalau Yamaha telah mengumumkannya. Salam satu aspal brather.

  • Update: Akhirnya yamaha merilis secara resmi harga Vixion R 155. Yakni Rp 28,8 juta, on the road Jakarta.
Advertisements

Reply

%d blogger menyukai ini: