Advertisements
no comments

Pelanggan XL, Hati-Hati Jika Mendapat SMS Dari Nomor 99733

Adhikarta.net – Penipuan untuk mendapatkan pulsa semakin marak terjadi. Jika dulu kita sering mendengar berita penipuan dengan dalih “Mama minta pulsa”, sekarang ini penipu mempunyai gaya baru dan telah dialami oleh salah seoarang pelanggan XL Axiata. Dimana pengalamannya tersebut dibagikan dijejaring sosial Facebook.

Dalam postingan yang kami kutip dari CNN Indonesia tersebut dijelaskan bahwa ia tiba-tiba menerima telepon masuk yang menanyakan SMS dari 99733. Nah telepon dari nomor tak dikenal tersebut meminta dirinya (Calon Korban) untuk meneruskan pesan dari 99737 kepada dirinya (Pelaku) dengan alasan bahwa XL melakukan kesalahan dalam memasukan nomornya dalam pembelian game online.

Pelaku tersebut berkelit bahwa call center XL telah memberikan nomor pengguna kepada dirinya untuk meminta dia meneruskan pesan yang isinya kode rahasia. Kode ini biasanya memang akan dikirim kepada pengguna setelah membeli game atau layanan lainnya dengan cara memotong pulsa.

Nasip beruntung masih ditangan si pengguna XL tersebut, sebab ia sempat melakukan pengecekan pada call center XL sebelum meneruskan kode rahasia tersebut. Menurut dia, XL Center memberikan keterangan bahwa telepon tersebut merupakan penipuan yang saat ini tengah marak.

Modusnya yakni, penipu belanja game online atau layanan lainnya, nah setelah itu penipu akan memasukan nomor telepon secara acak guna pembayaran debit. Kemudian situs akan secara otomatis mengirimkan SMS berisi kode rahasia yang harus diisi ke nomor ponsel. Maka dari itulah penipu akan menelpon korbannya, untuk mendapatkan kode tersebut jadi nomor si penipu pulsanya aman dalam pembelian tersebut.

Apabila korban tidak berhati-hati kemudian meneruskan pesan tersebut ke penipu, akibatnya pulsa secara otomatis akan kepotong sesuai nominal yang digunakan penipu untuk pembelian game atau layanan. Manurut pengguna yang diberi informasi oleh XL Center ini, masyarakat wajib waspada jika mendapat pesan dari nomor 99737, MyXL, dan Codapay.

Melalui keterangan resminya, Tri Wahyuningsih selaku General Manager Corporate Communication XL Axiata menjelaskan, “Jika anda menerima SMS mencurigakan dari nomor tertentu yang berisi kode rahasia atau transaksi pembayaran dan merasa tidak pernah melakukan transaksi tersebut, mohon untuk mengabaikan SMS tersebut,”.

“Jika anda dihubungi seseorang untuk diminta mengirim atau menyebarkan kode verifikasi atau kode rahasia yang anda terima dari XL, dimohon untuk mengabaikannya, supaya tidak terjadi penyalahgunaan akun,” tambah Ayu sapaan akrapnya.

Ia juga mengingatkan kepada pelanggan, apabila mengalami modus penipuan tersebut, dimohon untuk bisa melaporkan langsung ke pihak berwajib supaya mendapat penanganan lebih lanjut. Sebab penipuan merupakan tidakan kriminal.

(Adhikarta, CNN Indonesia)

Advertisements

No Responses

Reply

%d blogger menyukai ini: