Advertisements

Penjelasan Race Director Mengenai Penalti Valentino Rossi

Adhikarta.net – Pada race MotoGP Austin, Senin (24/4) dini hari, sempat terjadi insiden yang melibatkan Valentino Rossi dan Johan Zarco. Dimana dalam hal itu, rossi dianggap mengambil keuntungan dari insiden tersebut. Nah, maka dari itu Race Director menjatuhi penalti 0,3 detik kepada rider asal Italia tersebut.

Race Director MotoGP, Mike Webb, menjelaskan kenapa The Doctor dijatuhi penalti 0,3 detik di Austin. Webb menilai bahwa Rossi memacu motornya dengan kecepatan tinggi saat memotong lintasan, maka dari itu ia terkena hukuman.

Pertanyaan kembali muncul, kenapa hukumannya hanya 0,3 detik meskipun jelas Rossi memotong jalan? Menurut webb, Rossi tidak sengaja melakukannya (motong jalan) karena ia berusaha menghindari benturan dengan Johan Zarco.

Webb menjelaskan, Apabila Rossi dengan sengaja memotong jalan, jelas hukuman yang lebih berat bakal menimpa rider Yamaha Movistar tersebut.

Usai memotong jalan, Rossi mendapat keuntungan dari itu. Sebab, gap dengan Marc Marquez menjadi semakin dekat. Nah, keuntungan itulah yang coba dihapus Webb kepada Rossi.

Berikut pernyataan Webb yang dikutip dari laman Crash.net, “Anda tidak bisa mengambil keuntungan dengan cara memotong jalan. Rossi mendapat keuntungan karena berhasil dekat dengan Marquez. Jadi kami menghapus keuntungan tersebut,”.

“Tapi dilain sisi, Rossi meninggalkan jalur tanpa sengaja. Ia memotong jalan karena di paksa ole pembalap lain (Johan Zarco). Apabila ia (Rossi) sengaja memotong jalan, tentu hukuman berat akan menimpanya. Kenapa Rossi hanya diganjar penalti 0,3 detik Hal tersebut karea ia (Rossi) telah mengambil keuntungan 0,3 detik pada saat memotong alan,” jelas Webb.

Beruntung bagi Rossi, sebab hukuman tersebut tidak berpengaruh ke hasil akhir balapan. Sebab ia berhasil membuat selisih 1,4 detik dari pembalap di belakangnya (Pedrosa). Nah dengan hasil ini, Rossi berhasil memuncaki klasemen MotoGP 2017 dengan 56 poin.

Advertisements

2 Comments

Reply

%d blogger menyukai ini: