Advertisements
no comments

Teknologi Baru Dari Honda “Self Balancing” Motor Anti Jatuh

Adhikarta.net – Baru-baru ini Honda meluncurkan teknologi motor self balancing, yakni motor tetap bisa berdiri tegak meskipun tanpa menggunakan standar.

Nah, Motor buatan Honda dengan konsep self balancing ini disebut Honda Riding Assist yang membuat motor menjadi anti jatuh. Jadi kalau kalian belum bisa pakai sepeda sepertinya boleh nih di coba 😄.

Motor dengan riding assist ini tidak memakai sensor giroskop seperti umumnya motor self balancing. Tapi Honda menggunakan sistem khusus,  yakni menggunakan kemudi baik maju, mundur, kanan, dan kiri. Yaa seperti halnya ketika manusia menyeimbangkan motor.

Walaupun kosep ini diterapkan pada tipe Honda NC, akan tetapi teknologi seperti ini juga bisa digunakan ke semua model. Mantab kan….!

Teknologi Baru Dari Honda "Self Balancing" Motor Anti Jatuh

Seperti yang diungkapkan oleh Tony Defranze selaku PR Honda Amerika Serikat yang dikutip dari Autopro, “Teknologi ini sebagai ridee assiatance untuk membantu keseimbangan pengemudi ketika berkendara pelan, dan membuat motor tetap tegak. Dan kami sedang mengembangkan teknologi ini pada model yang lebih besar seperti Gold Wing”.

Baca Juga: Motor Retro Modern 250 cc Dari Yamaha, Apakah XSR250 Atau XSR300?

Riding Asist itu membuat motor bisa jalan pelan dan posisi tetap tegak karena adanya giroakop sama halnya pada gyrocycle. Tapi Honda tidak menggunakan itu dan yang digunakan adalah teknologi robotik.

Teknologi robotik ini mirip dengan teknologi di robot penguin pada self balancing personal mobility device. Untuk bisa membuat motor tetap seimbang yang menyesuaikan kemudi.

Dengan mekanisme yang berada di bawah headlamp, sistem ini akan mengubah sudut rake-nya. Sehingga trail roda depan menjadi negativ, dan ketika bergerak secara perlahan motor akan tetap seimbang.

Simak video berikut ini, Honda Riding Assist:

Advertisements

Reply

%d blogger menyukai ini: