Advertisements
no comments

Tips aman touring mengunakan sepeda motor

Tips aman touring mengunakan sepeda motor

Tips aman touring dengan motor

Adhikarta.net – Tips aman touring dengan sepeda motor. Sepeda motor merupakan kendaraan yang sangat terjangkau harganya, dari semua kalangan bisa mempunyai kendaraan ini, karena sekarang sangat mudah untuk bisa memiliki kendaraan ini. Kebanyakan dengan sistem kredit dengan cicilan yang sesuai dengan kantong masyarakat indonesia ini.

Bukan masalah kredit motor yang akan saya bahas saat ini, tetapi tentang touring. pasti kalian tidak asing dengan ini. Touring ini kebanyakan di lakukan club-club motor, tujuannya untuk menjalin silaturahmi sesama club motor. Jarak yang di tempuh tidak tangung-tangung, bisa sampai ke luar pulau atau bahkan ke luar negeri. Luar biasa bukan? Hanya orang-orang yang punya kemauan dan nyali untuk bisa melakukan ini. Bayangkan misal kita dari jakarta ke jogja menempuh jarak kurang lebih 400 km kita berada di atas motor full konsentrasi, melawan truk dan bis-bis besar. Pasti sangat menguras tenaga dan pikiran.

Saya sendiri sudah terbiasa single touring , dari jakarta ke jogja. Saking seringnya malah sampai ke titik jenuh. Mungkin faktor umur juga kali ya, stamina udah mulai turun.

Mengingat jarak tempuh yang lumayan jauh, dan sangat menguras banyak tenaga. Kali ini saya akan memberikan sedikit tips aman touring mengunakan sepeda motor.

Cek fisik kendaraan anda

Ini sangat penting demi keamanan, cek kabel gas, rem, kondisi ban kelistrikan dll, ini selalu saya lakukan sebelum touring ke jogja. Walaupun umur motor masih di tahun muda tidak ada salahnya melakukan langkah-langkah ini.

Periksa kelengkapan kendaraan

Ini juga penting, mengapa penting? Iya kalau kendaraan kita tidak lengkap bisa ketilang polisi, engak enak kan lagi asyik touring apalagi udah jauh dari rumah pakai acara ketilang segala. Kelengkapan ini meliputi spion kanan kiri , lampu nyala dan SIM STNK, kalau mau bawa BPKB sekalian juga silahkan 😀

Tubuh yang fit/bugar

Malam sebelum keberangkatan usahakan jangan begadang, takutnya nanti di perjalanan mengantuk, dan bisa mengakibatkan hal yang fatal. Kemudian, tidak ada salahnya sebelum berangkat lakukanlah olahraga ringan buat melemaskan otot-otot.

Keamanan tubuh

Alat keamanan tubuh seperti helm, jaket, sarung tangan, sepatu , deker dan slayer, biasanya alat-alat ini merupakan hal wajib di miliki anak touring.

Bawaan

Di sarankan untuk membawa barang yang penting saja, jangan terlalu banyak bawaan. Bisa-bisa ini menganggu perjalanan, dan perlu juga untuk membawa kotak P3K untuk persiapan jika diperjalanan terjadi kecelakaan.

Iya itu tadi beberapa tips aman touring mengunakan sepeda motor dari saya. Pokoknya selalu konsentrasi dan fokus di jalan. Bila capek istirahat, ngantuk tidur jangan terlalu di paksakan. Kalau kata orang jawa alon-alon asal tekan. Patuhi rambu-rambu lalu lintas, jaga ketertiban di jalanan jangan ugal-ugalan dan safety riding.

Advertisements

No Responses

Reply

%d blogger menyukai ini: