Advertisements
no comments

Tips Membeli Mobil Baru Sesuai Kebutuhan

Adhikarta.net – Tips membeli mobil dengan harga murah. Memiliki sebuah mobil baru sepertinya menjadi dambaan bagi setiap orang, apalagi yang sudah berkeluarga. Dengan memiliki mobil, kalau bepergian kita bisa membawa keluarga, Baik itu liburan ataupun mudik ke kampung halaman.

Selain itu, manfaat yang pasti bisa didapat yakni efisiensi dari segi biaya serta waktu. Apalagi kalau anda memiliki anda yang masih kecil. Dengan mempunyai kendaraan pribadi, tentu anak-anak dapat terhindar dari ancaman luar.

Ya… untuk bisa memiliki mobil baru tentunya membutuhkan biaya yang cukup besar. Nah, disini kami sudah merangkum beberapa tips membeli mobil dengan harga murah. Dengan begitu, mobil baru bisa anda peroleh dengan harga yang sesuai kemampuan finansial anda. Jozz… 😀

Tips membeli mobil baru

Simak baik-baik beberapa tips membeli mobil baru dibawah ini.

1. Membeli Mobil Bukan Karena Gengsi

Pada saat ini membeli mobil, anda mesti mempertimbangkan masaka-masak. Tanyakan pada diri anda, apakah untuk kenyamanan? apakah untuk menunjang kebutuhan keluarga? apakah untuk tranportasi berangkat kerja? apakah untuk menunjang kebutuhan usaha anda?

Nah, dari beberapa pertanyaan diatas tentunya anda bisa menyesuaikan tipe mobil apa yang sesuai dengan kebutuhan anda. Pada tahap ini, lebih baik lupakan rasa gengsi atau hanya ikut-ikutan tren. Pilihlah jenis mobil yang sesuai tujuan serta mampu memenuhi kebutuhan.

2. Cari Informasi Sebanyak Mungkin

Baru pertama kali membeli mobil? Nah carilah informasi jenis mobil yang akan anda beli sebanyak mungkin. Supaya apa? Supaya anda lebih memahami tipe mobil tersebut dan mengetahui kualitas mobil yang hendak anda beli. Kemudian juga untuk mengetahui cara perawatannya serta mengetahui kekuarang dan kelebihan mobil tersebut.

Sekarang jamannya sudah modern, untuk mengetahui informasi lengkap mobil yang hendak anda beli sangatlah mudah. Banyak media serta blogger yang me-review spesifikasi mobil tersebut. Selain itu, anda bisa masuk ke forum-forum atau group facebook yang sesuai. Dengan begitu anda bisa sharing dengan seseoarang yang sudah memiliki mobil yang hendak anda beli.

Kemudian, anda juga perlu mengetahui bagaimana harga purna ual setelah mobil tersebut dipasaran. Hindari memilih jenis mobil yang sulit untuk dijual kembali, atau harganya yang turun jauh.

3. Siapkan Dana Minimal 25% dari Harga Mobil Pilihan Anda

Tips membeli mobil selanjutnya yakni anda mesti menyiapkan dana minimal 25% dari harga mobil pilihan anda. Persentase ini hanya berlaku apabila anda ingin membeli mobil dengan cara kredit. Angka 25% ini diambil berdasarkan peraturan Bank Indonesia (BI) yang memberlakukan aturan Down Payment (DP) yang dibutuhkan untuk membeli mobil yakni 25%. Kalau bisa, anda menyiapkan dana diatas 25%. Sebab, semakin besar DP yang diberikan makan kredit yang dibayar setiap bulannya bisa semakin kecil.

Baca Juga: Keuntungan Membeli Mobil Bekas

4. Tentukan Waktu yang Tepat untuk Membeli Mobil

Kapan waktu yang tepat untuk membeli mobil? yakni ketika dealer tersebut memberikan penawaran khusus atau promo. Biasanya, dealer akan memberikan diskon besar jelang akhir bulan. Kenapa? karena terkait dengan target penjualan yang ingin dicapainya.

Kemudian, dengan adanya pameran juga waktu yang tepat untuk membeil mobil. Sebab, dealer akan membuka gerai promosi disana. Ya misalnya yang baru-baru ini pameran yang diselenggarakan yakni GIIAS. Ketika mendatangi pameran tersebut, jangan sungkan bertanya pada cust. service untuk menggalai informasi yang ingin anda ketahui.

5. Jangan Buru-Buru

Tips membeli mobil selanjutnya yakni jangan buru-buru dan percaya dirilah saat ke dealer. Untuk bisa mendapatkan mobil yang sesuai kebutuhan anda, tetap santai saja woless gan 😀 . Mesti banyak hal yang harus anda pertimbangkan.

Galilah informasi sebanyak-banyaknya, ketahui sistem kemanan, kenyamanan, garansi, hingga pelayanan purna jual. Bersikaplah sewajarnya, stay cooolll aja… katakan bahwa anda siap untuk membeli mobil jika harga yang diberikan sesuai.

6. Jangan Sungkan Bernegosiasi

Ini cukup penting gan, bahkan hal ini jarang dilakukan calon pembeli apabila menemukan mobil yang cocok dengan pilihannya. Nah, tidak ada salahnya kok anda melakukan negosiasi. Yaa… mana tahu pihak dealer tersebut mau menurunkan harga mobil tersebut. Jika dealer menolak, anda bisa mencari ke dealer lain yang harganya sesuai dengan jaungkauan anda.

7. Dapatkan Mobil Murah tapi Tidak Murahan

Banyak kan sekarang ini mobil murah, tapi kualitas belum tentu bagus. Cara mudah untuk menentukan bahwa mobil pilihan anda tidak murahan yakni dilihat dari mereknya. Anda bisa memilih mobil murah dengan merek yang terkenal. Dari berbagai mobil yang ada, anda bisa menentukan jenis mobil mana yang terkenal reputasinya dipasaran.

Tips Membeli Mobil Baru Sesuai Kebutuhan

Test drive

Melakukan Test Drive

Dari beberapa tips membeli mobil diatas anda perlu melakukan satu hal lagi, yakni test drive atau uji jalan. Hal ini cukup penting, tujuannya agar anda benar-benar mendapat jenis mobil yang tepat. Biasanya, dealer akan memberi waktu 30 menit untuk anda melakukan test drive.

Hal-hal yang perlu anda lakukan saat test drive

  1. Mencoba berbagai macam teknologi serta fitur bawaan mobil.
  2. Perhatikan ukuran serta kapasitas bagasi, apakah sudah sesuai dengan kebutuhan anda.
  3. Perhatikan hal-hal teknis seperti jenis transmisi, akselerasi, mesin, handbrake, dan lainnya. Seperti yang kita tahu bahwa mobil yang beredar dipasaran anda yang tipe transmisi otomatis dan manual. Cari tahu apa kelebihan serta kekurangannya.
  4. Rasakan baik-baik kenyamanan tempat duduk sopir. Apakah sudah sesuai dengan keinginan anda, dan apakah sesuai dengan postur anda.
  5. Nyalakan mesin kemudian bawalah berjalan-jalan. Rasakan akselerasinya, pergantian transmisi, serta kualitas kemudi. Perhatikan juga suspensinya, apakah sudah nyaman. Rasakan juga ketika mobil tersebut dipacu untuk menyalip kendaraan lain.

Nah itulah tadi sedikit tips membeli mobil baru dengan sesuai budget dan kebutuhan anda. Perlu diingat bahwa anda harus memperhitungkan semuanya sebelum membeli mobil. Mulai dari dana yang mesti disiapkan, cicilan (Kalau kredit), keuntungan pembelian, serta keuntungan lain yang didapat.

Advertisements

Reply

%d blogger menyukai ini: